Sukses

Lifestyle

Kenali Macam-Macam Karacunan Kerang (II)

Beberapa Jenis kerang dan ikan memang telah terbukti dapat menimbulkan keracunan. Diantara beberapa macam keracunan kerang yang dapat terjadi seperti yang dilansir dalam laman suprememastertv.com, yaitu Keracunan Kerang Paralitik, neurotoksik, amnesik, dan diarrheal.

Melanjutka artikel sebelumnya yang mengulas tentang Keracunan Kerang Paralitik dan neurotoksik, maka dalm artikel ini akan dijelaskan mengenai Keracunan Kerang amnesik dan diarrheal.

-Keracunan Kerang Amnesik

Racunnya dihubungkan dengan keracunan kerang amnesik dari jenis alga merah-bata yang ditemukan di lautan di sekitar Benua Eropa, Amerika Utara, Asia Timur dan Asia Tenggara. Dampak yang tidak terlalu parah dari keracunan ini yaitu pusing, sakit kepala, dan kebingungan, namun dampak yang lebih parah berupa amnesia dan kematian juga bisa terjadi Ladies.

Racun lainnya antara lain seperti asam domoik, yang dapat menyebabkan keracunan kerang amnesik, namun jarang terjadi. Akan tetapi, seperti tergambar dari namanya dampak yang terjadi adalah mempengaruhi otak manusia dan seseorang dapat lupa tentang apa yang terjadi sebenarnya.

-Keracunan Kerang Diarrheal

Gejala lainnya yang dapat terjadi yaitu keadaan yang disebut keracunan kerang diarheal. Sangat jelas terlihat dari namanya, keracunan tersebut dapat menyebabkan diare hebat yang disebabkan oleh racun yang bernama asam okadaik. Selain itu, racun tersebut berasal dari alga mikroskopik yang dapat membentuk ledakan populasi yang terlihat sebagai bagian gelombang merah.

Sangatlah sulit menyembuhkan sakit diarenya Ladies, yang menyebabkan lapisan epithelium usus terlepas dari jaringannya, jadi diare ini tidak seperti diare pada umumnya yang dapat sembuh dengan mudah dengan hanya mengkonsumsi obat diare biasa. Ini sejenis diare yang sangat parah.

Jadi, mulai sekarang kurangi konsumsi kerang ya Ladies.


Oleh: Azizah Fadhilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading