Sukses

Beauty

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Latihan Yoga?

Suka dengan olahraga yoga? Atau masih mau mulai melakukan olahraga yoga? Yoga memang merupakan salah satu olahraga yang bisa membuat tubuh kita sehat dan bugar. Bahkan, seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com, yoga juga bisa membantu kita meredakan berbagai macam penyakit seperti nyeri sendi, arthritis, spondilosis servikal, gangguan pernapasan, dan sejumlah penyakit mental. Selain harus memperhatikan tingkat kemahiran kita dalam melakukan yoga, pemilihan waktu juga sangat penting. Berikut ini beberapa aturan dalam memilih waktu yang tepat untuk melakukan latihan yoga.

Pagi Hari adalah Waktu yang Paling Direkomendasikan
Menurut Dr Phulgenda Sinha, penulis buku "Yogic Cure for Common Diseases", latihan yoga sebaiknya dilakukan di pagi hari, sebelum sarapan pagi (dengan perut kosong). Tapi jika tidak sempat melakukan latihan yoga di pagi hari, Anda bisa melakukannya di jam berapapun asalkan dengan perut yang kosong.

Tubuh kita perlu waktu tiga hingga empat jam untuk benar-benar mencerna dan mengolah makanan yang kita konsumsi. Dan jika Anda baru saja minum kopi, teh, jus, dan minuman lainnya, Anda perlu menunggu 30 menit hingga satu jam terlebih dahulu sebelum melakukan latihan yoga.


Di Saat Tubuh Rileks
Ketika memilih waktu yang tepat untuk melakukan yoga, Anda harus memastikan agar tubuh Anda benar-benar dalam kondisi rileks dan normal. Kenapa? Karena latihan yoga butuh fokus dan fleksibilitas. Dan kedua hal tersebut baru bisa diperoleh saat kita sudah benar-benar rileks.

Waktu yang Sama Setiap Harinya
Menurut Dr. Phulgenda, pemilihan waktu untuk melakukan latihan asana tak perlu dipusingkan. Karena pada intinya adalah kita harus memastikan bahwa kita berlatih pada waktu yang sama setiap harinya. Jadi, pilihlah satu waktu atau jam tertentu di mana Anda benar-benar memfokuskan waktu tersebut untuk melakukan latihan yoga.

Penting untuk diperhatikan bahwa kita harus melakukan latihan yoga secara konsisten untuk mendapatkan perubahan yang kita inginkan. Pada dasarnya, kita perlu melakukan serangkaian gerakan yoga selama lima hingga enam hari per minggunya untuk mendapatkan perubahan yang kita inginkan, entah dalam upaya menurunkan berat badan atau meredakan stres.


Lakukan Satu Kali Latihan Setiap Harinya
Sangat disarankan untuk melakukan latihan yoga cukup satu kali setiap harinya. Ada baiknya juga untuk berkonsultasi dengan pelatih yoga Anda terlebih dahulu jika Anda ingin melakukan latihan yoga lebih dari sekali setiap harinya.

Melakukan latihan yoga secara rutin juga sangat membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan mendapatkan istirahat yang cukup.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading