Sukses

Beauty

6 Makanan Yang Membuat Radang Tenggorokan Semakin Hebat

Radang tenggorokan sering membuat kita sulit untuk menelan, makan, dan bahkan untuk berbicara. Radang tenggorokan tentunya mengganggu sekali untuk kita makan. Pembengkakan yang terjadi pada tenggorokan ini memang disebabkan oleh bakteri. Namun perlu diingat ada makanan yang membuat radang tenggorokan semakin hebat.

Nah, makanan tersebut antara lain sebagai berikut, dijelaskan oleh dr. Adiyanto dari MeetDoctor.com:

    Makanan Asam

    Buah jeruk, jus lemon, permen karet yang mengandung asam manis dapat memicu gatal ketika Anda sakit tenggorokan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung cuka atau vinegar. Makanan jenis tersebut akan memperparah rasa sakit di kerongkongan pada saat menelan.

    Makanan pedas

    Banyak yang berasumsi bahwa makanan pedas dapat membantu menyingkirkan rasa gatal dan batuk yang disebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya Anda berhenti sementara untuk mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika dan rempah-rempah lainnya. Makanan pedas hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.

    Produk Susu

    Begitu juga dengan susu panas yang membuat radang tenggorokan bertambah parah. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa susu akan memperburuk rasa sakit pada tenggorokan. Susu menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh, yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.

    Makanan Kering

    Biasanya makanan kering seperti biskuit, kacang-kacangan, gorengan, dan makanan kemasan lainnya lebih sulit ditelan saat nyeri pada tenggorokan. Agar tenggorokan tidak sakit saat Anda menelan makanan, pilihlah makanan yang bertekstur lembut saat dikunyah maupun ditelan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air.

    Kafein

    Secangkir kopi panas memang dapat mengurangi rasa nyeri saat sakit tenggorokan, tapi hanya sementara. Setelah beberapa waktu, tenggorokan akan menjadi lebih gatal dan sakit. Jadi, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein. Anda bisa menggantikan kopi berkafein dengan meminum secangkir teh jahe herbal, tenggorokan lebih terasa nyaman dan berkurangnya rasa gatal.

    Alkohol

    Meminum segelas rum dan brandy dapat menghangatkan tubuh di saat musim hujan atau dingin. Sayangnya, minuman yang mengandung alkohol seperti itu hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan Anda. Oleh karena itu, demi kesehatan Anda dan jauh dari sakit tenggorokan, hindari minuman yang mengandung alkohol.

Semoga lekas sembuh Ladies.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading