Sukses

Beauty

Atasi Diare dengan Konsumsi Jeruk Kingkit

Jika membicarakan soal buah jeruk, maka satu hal yang mungkin pertama kali terlintas dipikiran Anda pasti bentuk buah sebesar bola tenis atau mungkin sedikit lebih kecil dari itu dan mempunyai rasa manis asam dengan bulir-bulir disetiap sisis buahnya yang berwarna orange.

Namun gambaran ini akan berbeda jauh dari bayangan Anda jika Anda mengenal buah jeruk kingkit. Meskipun termasuk keluarga jeruk, namun buah dengan ukuran maksimal sebesar kelereng ini tidak bisa dimakan seperti buah jeruk pada umumnya Ladies.

Jeruk kingkit terlalu kecil dan tidak bisa diambil daging buahnya. Karena bentuknya yang sangat kecil dan tidak bisa dikonsumsi inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa pohon jeruk kingkit hanya umum dijadikan pohon hias yang ditanam di pot di rumah-rumah.

Namun meski tidak bisa dikonsumsi, buah jeruk kingkit tetap mampu menunjukkan kebolehannya dalam menjaga kesehatan. Seperti dikutip dari laman infotanamananda.blogspot.com bahwa jeruk kingkit mampu diolah menjadi obat diare.

Anda tinggal memetik beberapa buah jeruk kingkit matang atau yang berwarna merah ditambah dengan daun jeruk kingkit sebanyak 7-8 lembar kemudian rebus dengan 1.5 gelas air dan biarkan mendidih selama 10 menit dan tersisa segelas. Minum air rebusannya dan ulangi lagi sebanyak 3-4 kali sehari.

Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya kandungan penting dalam jeruk kingkit, Ladies. Berdasarkan kutipan dari laman manfaat-buahsayuran.blogspot.com, buah jeruk kingkit memiliki senyawa linalool, yaitu semacam jenis alkohol alami dengan manfaat antiseptik, antijamur, dan menenangkan.

Senyawa tersebut sangat baik dalam mengurangi sakit perut dan membunuh bakteri yang menjadi penyebab diare sehingga lebih mudah disembuhkan, Ladies.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading