Sukses

Beauty

Nyeri Karena Tonsilitis? Obati Dengan 5 Bahan Alami Ini

Ladies, banyak sekali penyakit yang bisa menyerang tubuh, mulai dari yang ringan hingga serius. Salah satu penyakit ringan namun sangat mengganggu adalah tonsilitis atau radang amandel. Radang amandel akan sangat sakit ketika Anda menelan, bahkan saat Anda tidak menelan apa-apa atau hanya menelan ludah.

Seringkali tonsilitis terjadi pada anak-anak, namun tidak jarang pula orang dewasa mengalaminya dan punya kecenderungan untuk kambuh lagi saat imun sedang tidak baik atau tubuh sedang tidak fit. Radang amandel ini bisa berubah parah hingga perlu dioperasi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal itu, akan lebih baik jika Anda mengobatinya dengan bahan alami yang mudah didapat.

Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, Anda bisa menerapkan obat rumahan berikut ini,

1. Air garam
Seperti halnya sakit gigi, Anda juga bisa meringankan nyeri dengan minum dan berkumur air garam. Cukup campur garam dengan air hangat dan kumur atau minum sedikit. Garam memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membuat mati rasa sementara.

2. Sari cuka apel
Cuka apel memang salah satu minuman kesehatan yang baik dalam meredakan infalamasi atau radang, termasuk tonsilitis. Cukup seduh cuka apel dengan air hangat secukupnya dan minum 2-3 kali sehari. Namun Anda juga perlu hati-hati karena beberapa produk mungkin memiliki kandungan gula yang terlalu banyak.

3. Propolis lebah
Propolis lebah merupakan pengobatan alami yang paling efektif mengobati berbagai penyakit, termasuk tonsilitis. Propolis sendiri merupakan zat yang dikumpulkan lebah untuk makanan dan biasanya dijual dalam bentuk botol tetes. Anda bisa langsung meneteskannya ke dalam mulut dekat amandel atau diseduh dengan sedikit air dan minum sehari sekali.

4. Teh herbal
Teh herbal juga sangat baik mengurangi radang yang Anda derita. Anda bisa memilih berbagai teh seperti teh hijau, teh camomile atau teh putih untuk mengobati radang amandel ini. Bahkan jika Anda suka, Anda bisa menyeduh jahe. Meskipun terasa agak pedas, namun sangat efektif meredakan radang karena bersifat anti-inflamasi, dan antibakteri.

5. Jus lemon atau jeruk nipis
Vitamin juga sangat dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem imun, dan jeruk lemon atau jeruk nipis adalah pilihan yang tepat. Minum perasan jeruk ini sekaligus juga akan meredakan radang. Jika Anda ingin tidak terlalu asam, bisa ditambah madu asli.

Nah, itu dia beberapa pengobatan alami untuk tonsilitis atau radang amandel yang bisa diterapkan di rumah, Ladies.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading