Sukses

Parenting

Mengetahui Masa Subur Dengan Mengamati Lendir

Ada banyak cara sederhana yang diberikan Tuhan untuk mengetahui masa-masa subur. Salah satunya adalah dengan diciptakannya lendir yang keluar dari leher rahim.

Yaps, dengan cara ini bunda bisa mengetahui masa subur bunda. Sehingga ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama menggunakannya untuk mendapatkan kehamilan atau justru untuk mencegah kehamilan layaknya alat kontrasepsi.

Metode ini dikenal dengan istilah cervical mucus. Dikutip dari soc.ucsb.edu, keluarnya cairan lendir yang kental dan berwarna putih melalui lubang Miss V merupakan indikator masa subur bagi wanita. Ada dua cara untuk menggunakan metode ini. Metode pertama disebut metode 2 hari sedang metode lain berdasarkan kekentalan lendir tersebut.

Cairan lendir ini bisa saja membekas pada celana dalam saat anda istirahat. Cara yang terbaik untuk mengamati cairan ini adalah dengan memasukkan jari anda pada Miss V. Lalu gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mengukur kepekatan lendir tersebut. Catatlah setiap perubahannya pada sebuah buku, berkaitan dengan warna, kuantitas dan kelengketan lendir.

Untuk lebih simpelnya dalam metode 2 hari, lakukankah pengecekan setiap hari. Nah, ketika tidak terdapat lendir selama dua hari beturut-turut itu menandakan bahwa anda sedang dalam masa tidak subur, meski ini tidak selamanya benar. Dengan metode ini wanita tidak begitu memperhatikan konsistensi lendir, sehingga mengakibatkan metode ini sedikit kurang efektif.

Memang Bunda, metode yang satu ini banyak syaratnya, seperti harus telaten, cermat, butuh latihan dan pastinya teliti sekali membedakan kepekatan lendir. Dan untuk yang disebut terakhir, tidak semua wanita bisa dengan mudah melakukannya.

Setidaknya, Bunda sudah tahu ada satu lagi cara alami untuk mengetahui Bunda siap atau menunda kehamilan. Untuk lebih pastinya, Anda disarankan mengikuti kelas kecil untuk membahas metode ini dengan bidan dan atau pakar kesehatan lain.

Selamat mencoba ya.

 

Oleh: Muhammad Hilmy

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading