Sukses

Beauty

Ups, Ini Dia 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Ups, Ini Dia 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Hari Raya Idul Fitri telah tiba, saatnya makan makanan yang enak dan khas di hari lebaran. Namun Anda juga perlu memperhatikan kadar kolesterol tubuh, karena biasanya makanan yang disajikan adalah jenis makanan berlemak dan bersantan yang memicu tingginya kolesterol.

Untuk mengetahui apa saja penyebab dari kolesterol tinggi, dikutip dari www.health.com, ini dia daftarnya

1. Makanan

Sudah banyak yang tahu bahwa makan makanan berlemak dan santan merupakan sumber utama kolesterol. Bukan berarti lemak dan kolesterol tidak penting, Anda membutuhkannya, namun dalam jumlah yang sedikit atau tidak berlebihan. Jadi, jika makan opor ayam atau gulai, sebaiknya tidak terlalu banyak ya.

2. Berat badan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Jadi, meneruskan puasa saat setelah lebaran dengan diet sehat juga bisa dilakukan untuk menghindari kolesterol tinggi, Ladies.

3. Aktivitas

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat meningkatkan LDL, atau kolesterol jahat, dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Jadi, mumpung sedang lebaran, jangan ragu pergi ke rumah tetangga dan sanak saudara hingga berkeringat dan beraktivitas banyak agar terhindar dari kolesterol tinggi.

4. Usia dan jenis kelamin

Sudah umum jika usia adalah penentu kadar kolesterol. Umumnya, ibu atau ayah Anda yang sering mengalami kolesterol tinggi. Namun kadar kolesterol mulai nampak tinggi saat Anda sudah mencapai usia 20 tahun-an.

5. Riwayat keluarga

Jika salah satu atau malah beberapa anggota keluarga ada yang mengalami kolesterol tinggi, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengalaminya.

6. Merokok

Meroko selalu buruk, termasuk untuk kadar kolesterol Anda. Merokok diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan menjadikan tubuh rentan terhadap penyakit.

Jadi, jika ingin menjaga kadar kolesterol tetap stabil, apalagi saat lebaran, salah satu caranya adalah membatasi makan makanan berlemak ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading