Sukses

Lifestyle

Supermarket Kreatif di Mana Makanan Tak Akan Terbuang Percuma

Selama ini kalau kita belanja bahan-bahan makanan, kita akan memilih yang kualitasnya bagus, segar atau setidaknya cukup bagus untuk harga yang ekonomis. Akhirnya makanan-makanan yang bentuknya kurang bagus jadi tersingkir dan berakhir di pembuangan. 

Beberapa pertokoan menggunakan sistem makanan yang bisa disimpan hanya sampai lima hari saja. Selebihnya makanan yang volume dan bentuknya mengalami penurunan kualitas akan dibuang begitu saja. padahal sebenarnya bahan makanan itu masih bisa dimanfaatkan. Tapi, siapa yang mau memilih makanan dengan penampilan yang kurang bagus? 

Video copyright Youtube/Marcel

Bulan Mei 2014 ini sebagian besar negara Eropa memutuskan untuk menolak sistem membuang-buang makanan terutama pada supermarket. Maka salah satu supermarket bernama Intermarche, melakukan sebuah sistem yang memanfaatkan makanan yang hampir terbuang jadi lebih bernilai dan dikonsumsi. 

Untuk beberapa makanan segar dengan bentuk yang tidak seperti biasanya, mereka akan menjualnya dengan harga lebih murah. Makanan yang memiliki kualitas gizi sepadan namun dengan harga yang 30% lebih murah rupanya cukup menggiurkan bagi para konsumen. 

Buah-buahan dan sayuran yang bentuknya tak sebagus buah biasanya, diberi label dan nama yang unik. Mereka juga dipisahkan dari buah dan sayur yang bentuknya bagus. Ada juga makanan dan buah-buahan yang diolah menjadi sup atau jus. Dan teknik ini, berhasil. 

Dalam dua hari saja, 1,2 ton buah dan sayur yang tadinya akan dibuang malah ludes terjual dan dikonsumsi dengan baik oleh konsumen. Dengan kualitas makanan yang sama tapi harga lebih murah, siapa yang tidak tergiur? Lain kali kalau Anda berbelanja, Anda bisa memilih buah 'tersingkir' padahal masih bagus, dan membelinya dengan harga lebih murah. Coba tanyakan pada penjual sayur langganan Anda. 

Kita bisa mengambil contoh dari sistem supermarket ini di rumah kita sendiri. Anggaplah kulkas sebagai supermarket makanan Anda. Kalau Anda sudah membelinya, jangan sampai ada yang terbuang. Manfaatkan sebaik-baiknya makanan yang sudah Anda pilih agar tak perlu ada tomat menangis karena busuk atau bumbu yang mengering akibat tak Anda perhatikan lagi. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading