Sukses

Lifestyle

Mengenal Urithritis

Ladies, pernahkah Anda mendengar istilah Urethritis? Mungkin tidak banyak orang tahu atau bahkan belum sama sekali mendengar istilah ini. Urethritis merupakan pembengkakan dan iritasi yang terjadi pada bagian uretra. Uretra sendiri merupakan saluran yang mengalirkan urin dan juga sperma dari Mr P menuju luar tubuh. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh chlamydia, gonorrhea, dan bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Meskipun jarang sekali ditemukan, namun HSV juga dapat menyebabkan timbulnya urethritis.

Bakteri-bakteri seperti chlamydia dan gonorrhea biasanya ditularkan melalui hubungan bercinta yang tidak aman. Sementara, HSV dapat menyebar melalui sentuhan kulit saat melakukan hubungan suami istri. Beberapa pria yang terjangkit urethritis jarang sekali menunjukkan gejala-gejala tertentu atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Namun, gejala-gejala yang biasanya muncul adalah rasa sakit saat buang air kecil rasa gatal didalam Mr P, keluarnya krim dari dalam uretra.

Jika bakteri yang menyebabkan urethritis tidak ditangani dengan benar, orang tersebut akan merasakan sakit dan bengkak pada salah satu atau kedua testikel dan bahkan dapat menyebabkan kemandulan. Chlamydia, gonorrhea, dan HSV dapat menular melalui hubungan suami istri, oleh karena itu pasangan juga harus diperiksa. Tahap awal penyembuhan urethritis dapat dilakukan dengan menggunakan antibiotik. Partner bercinta juga perlu melakukan penanganan serupa. Dokter biasanya juga akan memberikan pil tertentu, dan jika ingin sembuh syaratnya adalah pil tersebut haruslah dikonsumsi hingga habis.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading