Sukses

Beauty

Buka Puasa, Jangan Sampai Kekenyangan Ya!

Puasa seharian, terkadang kita jadi tak bisa mengontrol diri untuk makan saat buka puasa. Apapun yang terhidang saat buka puasa bisa langsung disantap semuanya. Dan, ini sama sekali bukan hal yang baik. Makan berlebihan saat buka puasa malah bisa membuat berat badan Anda naik. Agar bisa tetap mengontrol diri saat berbuka puasa dan tidak sampai kekenyangan, Anda bisa mengikuti beberapa tips yang dilansir dari gulfnews.com berikut ini.

    Awali dengan Sesuatu yang Ringan

    Saat bedug Magrib tiba, usahakan tidak langsung makanan makanan yang berat. Anda bisa awali buka puasa Anda dengan kurma atau sekadar air putih. Daripada langsung makan daging atau nasi, sebaiknya Anda makan sayur atau buah terlebih dahulu.

    Makan dengan Perlahan

    Rasa lapar dan haus yang sudah ditahan seharian penuh tidak bisa jadi alasan untuk kita makan dengan cepat dan terburu-buru. Anda bisa mengontrol berat badan Anda dengan baik saat Anda bisa makan dengan perlahan. Menurut penelitian, butuh waktu 20 menit agar otak bisa mengirimkan sinyal bahwa sebenarnya kita sudah kenyang. Jadi kunyah makanan Anda dengan perlahan dan perhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi.

    Siapkan Segelas Air Putih

    Ganti jus yang mengandung banyak kalori dan gula dengan air putih. Minum segelas air putih saat berbuka puasa dan sebelum makan makanan besar. Banyak orang yang salah mengartikan rasa haus dengan rasa lapar jadi mereka cenderung langsung memilih untuk makan padahal yang mereka butuhkan sebenarnya hanyalah air putih.

    Ingat Bahwa Momen Ramadan adalah Momen untuk Mengontrol Diri

    Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk bisa melatih kita agar dapat mengontrol diri dengan lebih baik. Saat waktu berbuka puasa tiba, jangan makan seolah-olah sudah tak ada lagi hari esok. Mengontrol diri dan hawa nafsu bisa menjadi kunci agar tidak terlalu rakus saat berbuka puasa.

    Makan Bersama-Sama

    Makan akan terasa lebih menyenangkan saat kita makan bersama anggota keluarga, teman, atau dalam kelompok. Makan bersama bisa membuat Anda bisa lebih mengontrol diri untuk memilah milah makanan dan tetap berada dalam kontrol saat makan.

Bulan Ramadan seharusnya menjadi momen bagi kita untuk memperbaiki diri. Jika selama ini Anda masih sering kesulitan untuk mengontrol konsumsi makanan Anda, sekaranglah saatnya untuk mulai menciptakan kebiasaan yang baru dan lebih baik lagi. Toh nanti dampak positifnya juga Anda sendiri yang mendapatkannya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading