Sukses

Beauty

Herpes Genital: Penyakit Reproduksi Wanita Pada Organ Vagina yang Disebabkan Oleh Virus HSV-2

Ladies, sebagai salah satu alat reproduksi yang aktif digunakan dalam aktivitas intim, vagina rentan terhadap inveksi berbagai macam virus yang memicu timbulnya penyakit reproduksi wanita. Salah satu virus penyebab penyakit reproduksi wanita pada organ vagina adalah virus herpes simpleks atau dikenal dengan HSV.

Disebutkan dalam www.nlm.nih.gov, virus herpes yang menyebabkan herpes genital adalah HSV-2. Herpes genital merupakan infeksi menular seksual yang mempengaruhi kulit atau selaput lendir dari vagina. HSV menyebar dari satu orang ke orang yang lain apabila terjadi kontak seksual, baik melalui mulut maupun alat kelamin.

Pada banyak kasus, penderita herpes genital umumnya tidak memiliki luka. Mereka hanya memiliki gejala ringan yang kadang disalah artikan sebagai gejala normal dari penyakit lainnya. Gejala biasanya baru akan muncul setelah proses infeksi pada vagina berjalan beberapa lama. Jika tanda-tanda gejala herpes genital muncul pada tahap awal, maka bisa jadi infeksi telah sangat parah. Gejala umum dari herpes genital meliputi:

- Nafsu makan menurun
- Demam
- Malaise
- Nyeri otot pada punggung bawah, bokong, paha, atau lutut
- Membengkaknya kelenjar getah bening

Herpes genital tidak dapat disembuhkan, namun obat anti virus dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Obat-obatan yang digunakana untuk meringankan rasa sakit pada herpes genital ini adalah obat-obatan yang mengandung asiklovir, famsiklovir, dan valasiklovir.


Oleh : Maulisa

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading