Sukses

Beauty

Keputihan: Penyakit Reproduksi Wanita Pada Organ Vagina yang Menyebabkan Rasa Tidak Nyaman

Ladies, Anda tentu sudah mengenal keputihan bukan? Yap. Keputihan yang sering menjadi masalah bagi sebagian besar wanita ini adalah salah satu penyakit reproduksi wanita yang terjadi pada organ vagina. Keputihan dikelompokkan menjadi 2, yakni keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Disebutkan dalam www.healthline.com, keputihan fisiologis yaitu keputihan yang tidak disebabkan oleh penyakit, namun karena perubahan normal pada tubuh, sementara keputihan patologis yaitu keputihan yang diakibatkan oleh penyakit tertentu.

Keputihan fisiologis bisa timbul akibat adanya rangsangan seksual, perubahan hormonal menjelang dan sesudah menstruasi, saat kehamilan atau perubahan emosional tertentu. Di sisi lain, keputihan patologis merupakan infeksi dari bakteri atau jamur tertentu yang mengakibatkan warna keputihan menjadi keruh, bahkan hijau, coklat, berdarah, serta menimbulkan bau yang tidak sedap.

Bakteri atau jamur yang menyebabkan keputihan antara lain jamur Candida albicans, bakteri Neisseria gonorrhoea, parasit Trichomonas vaginalis.

Tanda dari keputihan patologis bisa dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut:
1. Keluar cairannya berlebihan seperti menstruasi
2. Cairannya kental dan berbau busuk
3. Berwarna kuning, bahkan kehijauan atau kecoklatan disertai darah
4. Meniimbulkan rasa gatal sekitar vagina
5. Muncul rasa panas pada vagina.

Jika keputihan telah menjadi seperti ini, Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter ladies. Karena keputihan yang parah bisa jadi merupakan gejala dari sebuah penyakit reproduksi wanita yang lebih serius, seperti kanker serviks.

Oleh : Maulisa

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading