Sukses

Beauty

Komplikasi dan Penyebab Penyakit Lupus pada Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Ladies, meski penyebab penyakit lupus secara pasti belum diketahui, namun, penyakit lupus adalah penyakit autoimun. Jenis dari penyakit lupus salah satunya adalah systemic lupus erythematosus (SLE).

Melangsir dari umm.edu, penyebab dari systemic lupus erythematosus (SLE) belum diketahui, namun, terdapat penyebab dari pemicu gejala pada penyakit ini.

Pemicu gejala penyakit systemic lupus erythematosus (SLE) karena dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal meliputi jenis kelamin, gen, hormon, dan riwayat keluarga. Faktor eksternal meliputi faktor-faktor lingkungan seperti visrus, obat, cahaya matahari, dsb.

Ladies, tahukah Anda systemic lupus erythematosus (SLE) dapat menyebabkan komplkasi ke tubuh Anda?

Komplikasi tersebut bisa terdapat pada organ maupun jaringan pada tubuh seperti :

Komplikasi pada darah, hampir 85% pasian dari systemic lupus erythematosus (SLE) mengalami masalah pada darah yang dapat menjadi penyakit anemia. Anemia membuat defiensi zat besi dalam darah saat menstruasi menjadi berlebihan.

Sindrom antifosfolipid (APS) juga dapat terjadi karena komplikasi dari systemic lupus erythematosus (SLE). Antara 35%-40% penderita systemic lupus erythematosus (SLE) mengalami sindrom antifosfolipid.

APS dapat menyebabkan terjadinya pembekuan darah, yang paling sering terjadi di pembulu darah pada kaki, Gumpalan darah juga dapat meningkatkan resiko stroke. Selain itu APS juga beresiko untuk komplikasi kehamilan bahkan bisa menjadi keguguran.

Selain itu, komplikasi juga bisa terjadi pada vaskulitis. Vaskulitis adalah peradangan pada pembuluh darah. Vaskulitis dapat menyebabkan darah berhenti mengalir ke organ dan jaringan sehingga dapat berkomplikasi yang bisa mengancam jiwa.

Oleh: M. S. Rizal

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

What's On Fimela
Loading