Sukses

Beauty

Mengatasi Maag Ringan Tanpa Obat Maag

Maag adalah sakit perut yang ditandai dengan rasa perih di perut, nyeri pada ulu hati dan mual. Maag disebabkan adanya baktri H.pylori yang menyerang lambung dan produksi asam lambung yang berlebih karena pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas, dan meminum alkohol.

Apabila maag sudah parah, tentunya cara mengatasinya adalah dengan pemberian obat maag yang fungsi utamanya adalah menetralisir asam lambung.

Tetapi bila maag tidak terlalu parah, ladies bisa mencoba mengatasinya sendiri tanpa mengguanakan obat. Caranya adalah:

1. Usahakan jangan sampai perut kosong. Disini berarti kita harus mengubah pola makan yang biasanya tidak teratur menjadi teratur. Usahakan makan secara teratur 3 kali sehari.

2. Hindari makanan yang menyebabkan perihnya lambung, seperti makanan yang pedas, asam, dan obat-obatan yang bisa menimbulkan perih di perut.

3. Pikirkan untuk berhenti minum alkohol karena alkohol akan membuat sakit maag menjadi lebih parah.

4. Hindarai makanan yang mengandung gas dan serat yang tinggi seperti kubis, selada, pisang dan nangka.

5. Usahakan mengkonsumsi makanan yang lembut dan tidak terlalu keras agar kerja lambung tidak terlalu berat dan tidak menimbulkan kambuhnya sakit maag.

Nah, itu dia beberapa tips untuk mengatasi sakit maag tanpa menggunakan obat. Selalu ingat ya ladies bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Jaga slalu kesehatan perut kita ya!

Oleh: Siti Fatimah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading