Sukses

Beauty

Tetap Puasa Dengan Obat Maag

Berpuasa adalah bentuk ibadah yang dilakukan beberapa agama, seperti Islam dan Hindu. Berpuasa dalam Islam yaitu menahan lapar, dahaga, dan emosi dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Jadi selama seharian penuh, perut tidak boleh diisi apapun.

Tetapi bagaimana jika orang yang ingin berpuasa mempunyai penyakit maag?

Bila sakit maagnya ringan, tentu dapat diobati tanpa menggunakan obat, yaitu dengan menghindari makanan atau obat-obatan tertentu yang bisa menimbulkan sakit maag. Tetapi bila sakit maag tidak bisa diatasi dengan alami, maka obat sakit maag harus dipakai.

Obat sakit maag bermacam-macam tergantung dari gejala sakit maag yang dialamai dan parah tidaknya sakit maag. Beberapa obat sakit maag yang bisa dipakai adalah antacids, yang berfungsi untuk menetralisir asam di perut dan dapat menyembuhkan sakit perut, anti-secretory yang berfungsi untuk menekan pengeluaran asam lambung, dan pankreatin yang berfungsi mencerna lemak, karbohidrat dan protein. Juga membantu mengatasi mual di perut.

Berpuasa dalam Islam adalah menahan lapar selama kurang lebih 13 jam dalam sehari. Penggunaan obat maag bisa diminum saat pagi waktu sahur dan saat berbuka waktu malam hari. Memang tubuh akan menyesuaikan diri selama awal-awal berpuasa untuk beradaptasi.

Tetapi perlu diingat bahwa ada beberapa obat maag yang hanya bisa menahan produksi asam lambung selama 6 jam, jadi sebaiknya sebelum menentukan obat maag yang tepat, konsultasilah ke dokter agar mendapatkan resep obat maag yang tepat untuk dapat menjalankan ibadah puasa.

Oleh: Siti Fatimah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading