Sukses

Beauty

Awas! Ciri Ciri TBC Belum Tentu Muncul

Ladies, sebagian penyakit memiliki ciri khas tertentu sebagai gejalanya sebagai bekal melakukan identifikasi. Namun sayangnya tidak bagi TBC, karena ciri ciri TBC belum tentu muncul meski bakteri TBC sudah menghuni tubuh untuk beberapa waktu.

Sebagaimana dilansir dari jurnal ilmiah terbitan laman stoptb.org, beberapa dokter sepakat bahwa dari 100 orang yang memiliki bakteri Mycobacterium tuberculosis, penyebab TBC, di dalam tubuhnya, hanya 10 orang yang akan menunjukkan gejala penyakit TBC.

Gejala-gejala mayor tersebut di antaranya adalah hilangnya berat badan yang signifikan, batuk yang sangat menyakitkan, menggigil, dan lain-lain. Dalam keadaan seperti ini, sangat memungkinkan terjadinya penularan karena bakteri dalam fase teraktivasi penuh.

Kemudian, bagi 90 orang yang lain, bakteri TBC di dalam tubuh mereka tidak cukup kuat meruntuhkan pertahanan sistem imun yang menjaga tubuh tetap sehat. Meskipun sama-sama memiliki bakteri TBC di dalam tubuh, gejala mayor TBC tidak akan muncul dalam fase ini.

Disamping itu, fitur penularannya pun tidak dapat bekerja bila tubuh memiliki sistem imun yang cukup kuat untuk menekan mundur perkembangan bakteri jahat ini. Sehingga, memiliki kontak yang cukup intensif dengan dengan orang-orang ini tidak berpotensi membuat Anda tertular bakteri TBC.

Namun, bisa jadi justru Anda sendiri yang sudah memiliki bakteri TBC di dalam tubuh Anda namun Kondisi daya tahan tubuh Anda sedang prima.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading