Sukses

Beauty

Inilah Siklus Ciri Ciri TBC yang Tidak Banyak Orang Tahu (Bagian 2)

Ladies, ingatkah Anda dengan ciri ciri TBC pada bagian pertama? Yap! Bagi pemilik sistem imun yang bagus, bakteri TBC yang terlanjur masuk ke dalam tubuh hanya akan menetap dan tidak aktif menginfeksi dan menular pada orang lain.

Meskipun demikian, laman stoptb.org justru memberi rekomendasi untuk melakukan periksa kandungan bakteri ini pada tenaga medis yang mampu. Selanjutnya, tindakan medis seperti mengonsumsi obat-obatan terukur untuk membunuh dan membuang bakteri tersebut juga sah-sah saja untuk dilakukan.

Saat bakteri TBC di dalam tubuh sedang tidak aktif, kondisi pembawa sama sekali tidak akan menunjukkan tanda-tanda sedang sakit seperti batuk darah, keringat dingin saat malam, kedinginan yang tak wajar, kehilangan nafsu makan, dan kehilangan berat badan yang signifikan.

Penanganan medis pada penderita TBC laten seperti ini, selain mengeluarkan bakteri dan membunuhnya, juga sangat berpeluang mengurangi peluang terjangkit TBC karena bakteri yang ada di dalam tubuh sudah sangat dilemahkan bahkan sudah dimatikan.

Oleh karena itu, pentingnya melakukan pemeriksaan meski tubuh dirasa sangat sehat, tindakan pencegahan tidak pernah percuma bila dilakukan sepenuh hati dan efektif.

Di samping itu, menjaga kondisi tubuh tetap fit dan prima dengan mengatur pola hidup termasuk pola makan bisa jadi alternatif cara menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar selalu kuat dan menang dalam pertempuran mempertahankan kesehatan.

Belum selesai di sini, Ladies, dan masih ada ulasan mengenai mereka yang kurang beruntung. Penasaran? Simak kelanjutannya!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading