Sukses

Beauty

Jangan terlena, Waspadai Ciri Ciri TBC Paru!

Ladies, penyakit TBC pada umumnya menyerang sistem pernafasan pada manusia dan lebih tepatnya pada organ paru-paru. Oleh karena itu edisi kali ini fokus mengulas tentang ciri ciri TBC yang menyerang paru-paru.

Mengapa muncul istilah TBC paru? Karena sejatinya penyakit TBC tidak melulu menyerang sistem pernafasan pada manusia. Bakteri TBC juga bisa menyerang organ-organ lain yang tidak termasuk dalam sistem pernafasan manusia.

Namun, karena hampir semua kasus penyakit TBC yang muncul adalah gangguan sistem pernafasan, maka penyakit ini lebih dikenal sebagai penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Lantas, apa saja ciri-ciri TBC pada paru-paru?

Sebagaimana tertulis dalam tulisan ilmiah terbitan laman stoptb.org, gejala yang muncul biasanya batuk yang terus-menerus dan terkadang batuk berdahak yang disertai darah selama tiga minggu. Kemudian, suhu tubuh yang tinggi juga jadi salah satu gejalanya.

Selain keringat dingin pada malam hari, nyeri dada, hilang nafsu makan, dan turunnya berat badan secara signifikan menjadi poin-poin yang harus diperhatikan untuk mengambil langkah medis selanjutnya.

Kemudian, setelah beberapa atau semua gejala tersebut muncul, sangat dianjurkan untuk segera periksa ke dokter untuk tndakan medis selanjutnya. Untuk membuktikan kebenaran penyakit TBC masih diperlukan uji mikroskipis pada dahak, pola dahak, dan memeriksa dada pasien (thorax) dengan uji sinar-x pada dada.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading