Sukses

Beauty

Ternyata, Berjemur Termasuk Jenis Pengobatan TBC!

Ladies, mendapat paparan sinar matahari yang cukup di pagi hari dipercaya memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan kulit. Dari paparan tersebut, kulit yang mendapat sinar matahari daat membuat vitamin D secara alami untuk kesehatan, termasuk pengobatan TBC.

Pada zaman dahulu ketika antibiotik tidak terlalu banyak tersedia di pasaran, beberapa klinik tetap menerima pasien TBC yang banyak. Sebagaimana dilansir dari thealternativedaily.com, pasien dikirim ke beberapa klinik di Swiss dan sebelah barat daya Amerika Serikat.

Mengapa tempat seperti itu? Justru pada tempat-tempat seperti itulah pasien TBC dapat menerima paparan sinar matahari yang sedang dalam kondisi terbaiknya untuk pengobatan sekaligus udara yang bersih. Konsep penyembuhannya tentu sama, mengembalikan kekebalan tubuh.

Kini, banyak peneliti telah menemukan bahwa meningkatkan kandungan vitamin D dengan memanfaatkan paparan cahaya matahari dapat memberi stimulasi pada sistem kekebalan tubuh. Stimulasi ini berujung pada pengurangan respon peradangan.

Dengan kata lain, berjemur dibawah cahaya mataari yang tepat dapat membuat kulit menciptakan vitamin D. Vitamin D tersebut memberi stimulasi kepada sistem imun tubuh untuk mengurangi respon pada peradangan atau inflamasi.

Bila dilakukan secara terus menerus, inflamasi yang terjadi pada saluran cerna yang disebabkan bakteri TBC dapat berangsur-angsur sembuh. Bagi penderita TBC, inflamasi menyebabkan kerusakan rongga paru-paru. Oleh karena itu, mengurangi inflamasi adalah salah satu cara mempercepat penyembuhan penyakit TBC.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading