Sukses

Beauty

Beberapa Komplikasi oleh HIV, Virus Penyebab AIDS

HIV adalah virus yang menyerang sistem imun tubuh dan penyebab AIDS. Namun karena virus HIV menyerang sistem imun tubuh, penderita juga akan rentan terserang penyakit lain yang seharusnya dapat diatasi oleh sistem imun yang sehat. Hal ini menyebabkan orang yang terinfeksi HIV akan mengalami berbagai komplikasi penyakit lain yang disebabkan oleh virus atau parasit lainnya. Tidak hanya itu, mereka juga akan rawan terserang kanker.

Cryptococcal meningitis adalah salah satu infeksi yang menyerang sistem saraf dan seringkali diasosiasikan dengan HIV. Infeksi ini disebabkan oleh jamur yang biasanya terkandung dalam tanah. Meningitis adalah peradangan pada membran dan cairan yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang.

Selain itu penderita HIV juga rentan terhadap Toxoplasmosis. Toxoplasmosis adalah infeksi mematikan yang disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondii, parasit yang biasanya disebarkan oleh kucing.

Penyakit lainnya yang juga seringkali diasosiasikan dengan HIV adalah cryptosporidiosis. Infeksi ini disebabkan oleh parasit usus yang biasanya ditemukan di usus binatang. Parasit ini bisa menjangkiti manusia jika ikut tertelan bersama makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Parasit ini tumbuh di usus dan saluran empedu yang menyebabkan penderitanya mengalami diare kronis.

Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan AIDS. Namun sudah ada obat yang dapat membantu menekan perkembangan virus HIV.

Oleh: Teylita

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading