Sukses

Beauty

Lupus adalah Penyakit yang Bisa Memicu Penggumpalan Darah

Ladies, apa saja yang sudah Anda ketahui tentang penyakit Lupus? Tahu gak, kalau Lupus adalah penyakit yang bisa memicu penggumpalan darah?

Selama ini, gejala yang paling sering diketahui tentang Lupus adalah munculnya ruam kulit dan luka melepuh ketika si penderita terpapar zat-zat kimia alergen yang menjadi memicu. Salah satunya yang palign sering adalah saat terpapar ultraviolet.

Ternyata, dilansir dari lupus.org, penyakit Lupus tak hanya menyebabkan kerusakan pada tubuh bagian luar, tapi juga mempengaruhi tubuh bagian dalam. Salah satunya, adalah merubah kerja trombosit, dan menyebabkan penggumpalan darah yang tak lazim.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan kemampuan trombosit untuk menggumpal, atau membeku (koagulasi), Ladies, karena trombosit memang berfungsi menghentikan pendarahan ketika terjadi luka pada jaringan tertentu.

Hanya saja, pada penderita Lupus, kemampuan koagulasi trombosit terjadi secara berlebihan dan tidak terkontrol. Darah jadi menggumpal dengan sangat mudah. Gejala Lupus yang terjadi pada trombosit itu disebut trombosis.

Trombosis itu bisa menyumbat arteri dan vena, Ladies. Dan segala macam penyumbatan pembuluh darah pasti bukanlah merupakan kabar bagus.

Contohnya, penyumbatan pembuluh arteri jantung. Nyawa penderita Lupus bisa terancam karenanya.

Jadi, untuk mengatasi penggumpalan darah, obat-obatan yang mengandung anti-koagulan (anti pembekuan darah) biasa diberikan sebagai pengobatan gejala trombosis tersebut.

Sekarang, Ladies sudah mengetahui kan? kalau ternyata Lupus adalah penyakit yang tak hanya merusak kulit. Dan dampaknya pun lebih mengerikan dari kelihatannya, karena Lupus juga mempengaruhi kinerja darah.

Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

Loading