Sukses

Beauty

Lupus adalah Penyakit yang Bisa Mengurangi Kemampuan Berpikir

Ladies, ruam, peradangan, dan sakit sendi adalah komplikasi dari penyakit Lupus yang sering terjadi dan kasat mata karena bisa diamati. Tapi, ternyata keganasan Lupus tak berhenti hanya di situ. Lupus adalah penyakit yang juga bisa mengurangi kemampuan berpikir.

Berdasarkan lupus.org, ada Disfungsi Kognitif adalah nama dari berkuranganya kemampuan berpikir pada penderita Lupus.

Disfungsi Kognitif meliputi seringnya muncul rasa bingung, meski tanpa sebab. Kelelahan yang tidak bisa dijelaskan. Hilangnya ingatan, dan kesulitan mengungkapkan pikiran semuanya merupakan gejala terjadinya disfungsi kognitif pada seorang penderita Lupus.

Yang lebih mengerikan, Ladies. Tak ada yang tahu bagaimana Disfungsi Kognitif itu bisa terjadi. Sehingga, yang bisa dilakukan adalah menerimanya dan berusaha hidup normal dengannya.

Disfungsi kognitif pun tidak terjadi hanya pada penderita Lupus yang sudah parah, tapi dituliskan juga dari laman yang sama bahwa penderita Lupus ringan pun bisa mengalami disfungsi kognitif.

Upaya-upaya seperti belajar meningkatkan konsentrasi, dan menangni kebingungan bisa jadi sangat berguna bagi penderita Lupus yang mengalami disfungsi kognitif.

Permainan-permainan yang merangsang olah pikir sangat disarankan bagi penderita Lupus. Bermain puzzle adalah contohnya.

Jadi, sekarang kita bisa lebih tahu kan, kalau ternyata Lupus tidak menyerang korbannya hanya secara fisik, tapi juga mental.

Oleh karena itu, kita hendaknya memperlakukan penderita Lupus secara khusus dan berusaha mengerti bagaiamana menderitanya mereka.


Oleh : Sahirul Taufiqurahman

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

Loading