Sukses

Beauty

Adakah Cara untuk Mencegah Tumbuhnya Myom?

Selama ini kebanyakan wanita cenderung tidak terlalu memperdulikan adanya tumor jinak atau myom dalam dinding rahim mereka. Hal ini terjadi karena fakta bahwa myom akan mati seiring wanita memasuki masa menopause.

Umumnya myom tumbuh pada wanita berumur antara 35 dan 45. Myom akan tumbuh cepat saat kehamilan dan mengecil saat menopause.

Sampai detik ini, para ilmuwan masih belum tahu pasti apa penyebab dari tumbuhnya myom. Namun para dokter percaya jika myom tumbuh karena wanita memiliki reseptor hormon estrogen yang cukup tinggi. Walaupun dikategorikan kanker jinak, apakah ada cara untuk mengatasi tumbuhnya myom?

Menurut DailyMail.co.uk pertumbuhan myom dapat dicegah dengan cara sederhana yaitu dengan menghindari makan-makanan yang mengandung banyak estrogen seperti daging dan susu. Sehingga disarankan untuk sebisa mungkin mengurangi makanan yang mengandung lemak.

Ini dikarenakan penekanan estrogen terbesar terdapat di liver. Jadi, jika Ladies benar-benar menjaga kelangsungan kerja liver dengan menghindari makanan berlemak, jumlah estrogen akan berkurang. Dampaknya, myom akan sulit untuk tumbuh.

Diet ini tidak hanya berkutat pada makanan saja, tetapi juga minuman. Kurangilah minuman berkafein seperti kopi serta alkohol. Perbanyaklah makan sayur, buah-buahan segar dan air satu setengah liter per hari.

So ladies, tidak ada salahnya untuk mencoba cara alami ini. Karena diet sehat ini tidak hanya akan berhasil untuk mencegah tumbuhnya myom, tetapi juga bermanfaat bagi organ tubuh lainnya.

Oleh: Lailiyah K. N.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading