Sukses

Parenting

Penyebab Sering Terlambat Haid Padahal Tidak Hamil

Terlambat haid apakah selalu normal untuk wanita yang belum menikah?

MayoClinic mengatakan bahwa terlambat haid itu bisa normal dan bisa berarti tidak normal. Beberapa kondisi medis serius bisa terungkap dari intensitas keterlambatan haid.

Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu penyebab-penyebab yang memungkinkan Anda mengalami keterlambatan haid, namun tidak sedang hamil berikut ini:

Stres

Stres menyebabkan gangguan malfungsi pada hypothalamus. Hypothalamus sendiri bertanggung jawab untuk memproduksi hormon sepanjang masa menstruasi. Jika proses produksi hormon terhenti, maka telur tidak akan berkembang dan menuju dinding rahim seperti yang normal dilakukan. Alhasil, wanita jadi mengalami terlambat haid hingga lebih dari 28 atau 30 hari lamanya.

Polycystic ovary syndrome

Seperti dilansir Livestrong, kondisi terhentinya menstruasi ini juga dikenal dengan nama Polycystic ovary syndrome. Sebuah kondisi di mana tubuh memproduksi hormon estrogen dan androgen secara berlebihan, akhirnya proses ovulasi gagal terjadi.

PCOS ini sendiri ditandai dengan terlambat haid, jerawat hormon di wajah maupun punggung, kelebihan berat badan, serta minyak berlebihan yang muncul baik di wajah maupun rambut.

Pituitary tumors

Kelenjar pituitary besarnya sebiji kacang dan berada di dalam otak. Fungsinya adalah untuk memproduksi beberapa jenis hormon. Apabila ada tumor yang tumbuh pada organ tersebut, maka ia akan menunda menstruasi hingga beberapa waktu lamanya.

Pun demikian, kasus ini sangat langka terjadi. Dan dibutuhkan operasi otak apabila memang menyerang wanita.

Hypothyroid

Adalah kondisi keterlambatan haid yang disebabkan kelenjar thyroid yang tidak memproduksi hormon thyroid dengan cukup. Alhasil, ia akan mengganggu siklus menstruasi wanita.

Terlalu kurus atau olahraga berlebihan

Wanita yang terlalu kurus atau yang melakukan olahraga berlebihan cenderung memiliki siklus menstruasi yang kacau dan terlambat. Hal ini disebabkan karena tubuh terlalu lelah dan stres, serta hormon yang ada di dalam tubuh tidak seimbang.

Efek pil kontrasepsi

Apabila Anda mengonsumsi pil kontrasepsi, secara otomatis memang kehamilan akan tertunda. Tetapi tak hanya kehamilan saja, bahkan siklus menstruasi akan tertunda sekitar 3-6 bulan lamanya setelah usai mengonsumsi pil kontrasepsi.

Apabila memang Anda mengalami keterlambatan haid yang lebih dari 2-3 bulan padahal tidak hamil, jangan sepelekan hal ini. Check kondisi kesehatan Anda ke dokter agar Anda tahu penyebab yang mana yang membuat Anda jadi terlambat haid.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading