Bersahabat Dengan Lupus

Selasa, 10 September 2013 22:08

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, bila kita tidak bisa mengusir ketakutan yang ada dalam pikiran kita, maka bersahabatlah dengannya. Begitu pula dengan lupus. Bila lupus tidak bisa kita sembuhkan, maka kita jadikan lupus sebagai sahabat dan menerimanya apa adanya.

Mungkin terdengar cliché dan mudah, tetapi bersahabat dengan lupus bisa jadi adalah satu-satunya cara untuk membuat kita lebih tenang dalam menghadapi penyakit itu. Menurut womenshealth.com, setidaknya ada lima cara untuk bersahabat dengan lupus.

Yang pertama, Anda harus melakukan semua kegiatan dengan woles atau santai. Penderita lupus cenderung memiliki energy yang lebih sedikit, sehingga Anda harus menggunakannya dengan bijak. Sebagai contoh, berisitirahatlah setelah melakukan satu aktivitas sebelum Anda merasa lelah.

Kemudian, kurangi stress dengan banyak bercengkerama dan bersosialisasi dengan keluarga, teman, kerabat, kolega, bahkan tetangga. Anda boleh mengatakan bahwa Anda bersahabat dengan lupus, karena Anda tidak bisa mengusirnya. Rasa jujur akan membuat mereka tidak mengasihani Anda, tetapi menganggap Anda kuat.
Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencari support, karena Anda sudah memiliki banyak dukungan.

Lalu, berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai gejala lupus dan beberapa obat-obatan yang harus selalu ada dalam tas kecil Anda. Hal ini penting karena seseorang dengan lupus lebih sering merasakan luapan emosi negatif dan merasakan depresi.

Terakhir, pahamilah lupus, seperti Anda memahami sahabat Anda. Dengan mengetahui seluk-beluk mengenai lupus, Anda akan lebih bisa berpikir secara kritis untuk mengadapi resiko yang lebih besar selanjutnya.

Anda siap bersahabat dengan lupus?

Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.