Apa Itu Bipolar Disorder?

Sabtu, 24 Agustus 2013 18:12

(c) shutterstock

Vemale.com - Ada banyak macam gangguan mental, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Stres, depresi, atau frustasi termasuk gangguan mental ringan. Sedangkan yang berat antara lain seperti sakit jiwa, skizofrenia, eating disorder serta bipolar disorder. Artikel ini akan membahas tentang bipolar disorder. Ladies tahu apa itu bipolar disorder?

Mood yang berubah-ubah memang wajar terjadi, tapi pada bipolar disorder perubahan terjadi pada tingkat yang lebih serius. Perubahan akan mempengaruhi aktivitas, hubungan percintaan, pekerjaan dan produktivitas. Meski belum jelas diketahui apa penyebab utama dari bipolar disorder, dilansir dari nimh.nih.gov, melalui penelitian ditemukan dua faktor yang paling berpotensi.

Pertama adalah gen. Pengaruh gen memang banyak ditemukan sebagai faktor penurunan penyakit, tak terkecuali pada bipolar disorder. Resiko besar menurun pada anak yang orang tua atau saudaranya mengidap bipolar disorder. Tapi kejadian jarang ditemukan pada anak dari garis keluarga yang mengidap bipolar disorder.

Yang kedua adalah struktur dan kinerja otak. Pola kerja otak pada pengidap bipolar disorder sama dengan pengidap penyakit mental lainnya dan berbeda dari orang biasa saat dilihat melalui magnetic resonance imaging (MRI). Bagian otak yang memiliki fungsi operasional seperti pemecahan masalah atau pengambilan keputusan juga lebih kecil dari pada orang biasa. Kesimpulan pun didapat bahwa perbedaan struktur otak berpotensi menyebabkan penyakit mental yang berbeda-beda.

Metode penanganan yang tepat pun saat ini sedang diteliti. Identifikasi dini terhadap penyakit ini juga membantu agar dapat dilakukan pengobatan secara terapi.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.