Sukses

Beauty

5 Anxiety Disorder

Ladies, ada banyak penelitian yang nenyebutkan bahwa perempuan lebih rentan terhadap penyakit mental. Salah satu penyakit mental yang kasusnya banyak muncul pada perempuan adalah anxiety disorder.

Menurut nimh.nih.gov, anxiety disorder adalah sebuah kelainan mental yang muncul akibat reaksi perempuan terhadap sebuah permasalahan. Sebenarnya, axienty adalah normal. Anxiety adalah rasa dimana seseorang merasa ragu, grogi, lelah, kecewa, dan tidak bisa membuat keputusan. Namun, pada beberapa kasus member manfaat bagi perempuan itu sendiri. Tetapi, pada beberapa orang, anxiety menjadi tidak terkontrol.

Dalam kasus ini, seseorang itu akan mengetahui bahwa anxiety yang mereka rasakan adalah berlebihan. Namun, mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol anxiety tersebut, sehingga berpengaruh negatif pada kegiatan sehari-harinya.

Setidaknya ada 5 kelainan mental yang bisa tmbuh akibat anxiety yang tidak terkontrol. Yang pertama adalah generalized anxiety disorder (GAD). Seseorang dengan GAD akan merasakan rasa kesal terhadap sesuatu yang tidak tentu. Dengan kata lain, penyebab anxiety tidak diketahui.

Yang kedua adalah Obsessive-compulsive disorder (OCD) dimana seseorang akan merasa terganggu bila sesuatu yang mengganjal belum mendapatkan jalan keluar. Penderita OCD mungkin akan mencuci tangan berkali-kali, bahkan merapikan rak produk swalayan sesuai warna.

Yang ketiga adalah panic disorder. Penderita panic disorder akan merasa was-was dan takut diserang.

Anxiety disorder yang keempat adalah post-traumatic stress disorder (PTSD). Banyak penderita PTSD merasakan trauma akibat hal buruk yang menimpanya, seperti bencana alam, pemerkosaan, perang, child abuse, bullying, atau kecelakaan.

Dan yang kelima adalah social phobia atau social anxiety disorder yang merasa takut keburukannya diketahui oleh masyarakat luas. Takut berbicara di depan umum juga masuk ke dalam disorder ini.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading