Kista dan Pengaruhnya Terhadap Kesuburan Wanita

Sabtu, 24 Agustus 2013 16:58

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies sudah pasti pernah mendengar tentang apa itu penyakit kista bukan? Penyakit kista adalah penyakit yang muncul dan menyerang rahim seorang wanita. Nah, tentu Ladies bertanya-tanya apakah penyakit kista dapat menyebabkan kemandulan pada seorang wanita? Temukan jawabannya disini.

Dijelaskan pada artikel yang dilansir health.howstuffworks.com, meskipun menjalani pemeriksaan pada ahli ginekologi secara rutin, risiko seorang wanita mengidap kista pada indung telur mereka tidak bisa dicegah begitu saja.

Kista adalah benjolan berisi air yang terbentuk di dalam atau menempel pada indung telur seorang wanita. Timbulnya kista menjadi kekhawatiran banyak wanita karena indung telur adalah organ penting bagi wanita dalam memproduksi hormon serta sel telur. Apakah timbulnya kista dapat menurunkan risiki seorang wanita untuk hamil?

Menurut beberapa penelitian, meskipun hanya berisi air, kemunculan kista pada indung telur jelas akan menimbulkan efek bagi produksi sel telur yang dihasilkan seorang wanita. Dijelaskan bahwa kista dapat mengganggu proses ovulasi sel telur yang mengakibatkan kemandulan. Mengapa?

Timbulnya benjolan kista akan mengganggu pergerakan sel telur dari indung telur melalui tuba falopi menuju ke rahim. Dengan adanya gangguan tersebut, kontan saja kesuburan seorang wanita akan terganggu.

Tapi Ladies tdak boleh putus asa dan menyerah mengetahui diagnosa yang diberikan dokter bahwa ditemukan kista pada tubuh Ladies. Hal itu karena efek buruk kista yang telah dijelaskan di atas tidak terjadi pada semua kasus penyakit kista. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui jenis kista serta kemungkinan terburuk efek yang ditimbulkan.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  Next 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.