Sukses

Beauty

Apa Itu Kista?

Ladies sudah pasti pernah mendengar tentang penyakit kista bukan? Namun, tahukah Ladies bahwa setiap wanita pada usia pubertas memiliki risiko yang sama terkena penyakit ini? Lalu, bahaya apa yang mengancam jika terjangkit kista? Temukan jawabannya disini.

Penyakit kista adalah kelainan yang muncul pada organ tubuh tertentu berupa benjolan yang berisi air. Penyakit kista yang paling umum menyerang wanita adalah penyakit kista kandungan. Menurut artikel yang dilansir nhs.uk menyatakan bahwa kista kandungan menyerang 1 diantara 5 wanita yang telah menginjak usia pubertas.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa kista yang muncul pada kandungan seorang wanita kebanyakan tidak menimbulkan bahaya dan menghilang dengan sendirinya. Namun, bukan berarti setiap penyakit kista tidak berbahaya dan tidak perlu perawatan khusus. Jika ukurannya semakin membesar, operasi pengangkatan kista perlu dilakukan.

Ukuran kista yang membesar pada rongga kandungan seorang wanita perlu diangkat dengan proses operasi, jika tidak gangguan-gangguan seperti di bawah ini akan dirasakan oleh wanita tersebut, meliputi”

- Nyeri di bagian rahim

- Susah buang air besar

- Sering buang air kecil

- Merasa lelah

- Perubahan siklus menstruasi secara drastis

Banyak wanita tidak sadar lho Ladies akan penyakit kista ini. Hal itu disebabkan karena gejala penyakit kista yang hampir tidak bisa dikenali sama sekali.

Kista mungkin tidak akan menyebabkan kematian. Tapi, penyakit kista yang tidak terdeteksi dan sudah membesar dapat mengganggu kesuburan Ladies. Jadi, perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Ladies dan konsultasikan perubahan tersebut pada dokter untuk mendapatkan penanganan dini.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading