Perawatan Pasien Pengidap Kanker Ovarium

Senin, 12 Agustus 2013 20:39

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, tahukah apa saja perawatan yang ditawarkan dokter untuk pasien pengidap kanker ovarium? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh medicinenet.com.

Perawatan pertama kanker ovarium adalah terapi lokal. Operasi dan radiasi termasuk ke dalam kategori ini. Ladies, kedua perawatan ini berfungsi menghilangkan atau menghancurkan kanker ovarium pada panggul. Apabila kanker ovarium sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain, terapi lokal ini dapat pula berfungsi untuk mengendalikan penyakit pada bagian tubuh lain yang terinfeksi tersebut.

Ladies, perawatan kedua yang dapat diambil adalah intraperitoneal kemoterapi. Kemoterapi dapat langsung diarahkan ke perut dan panggul melalui tabung yang berukuran kecil. Obat-obatan yang digunakan dalam terapi ini dapat menghancurkan atau mengendalikan kanker pada perut dan panggul.

Perawatan ketiga dari kanker ovarium ini adalah sistemik kemoterapi dimana dilakukan dengan cara menyuntikkan obat melalui pembuluh darah dan berfungsi menghancurkan atau mengendalikan kanker yang telah menyebar ke seluruh tubuh.

Ladies, setelah didiagnosis dokter mengidap penyakit ini pastikan untuk berdiskusi dengan dokter tentang resiko untuk setiap perawatan yang disarankan dokter. Bicarakan tentang penyakit lain yang pernah diderita untuk memberikan pertimbangan kepada dokter.

Medicinenet.com melansir bahwa dikarenakan perawatan kanker sering merusak sel-sel yang sehat dan kulit, mengetahui resiko dari perawatan yang dianjurkan dokter akan lebih membantu dalam mengambil keputusan.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.