Perawatan Pasien Pengidap Kanker Ovarium

Senin, 12 Agustus 2013 20:39

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, tahukah apa saja perawatan yang ditawarkan dokter untuk pasien pengidap kanker ovarium? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh medicinenet.com.

Perawatan pertama kanker ovarium adalah terapi lokal. Operasi dan radiasi termasuk ke dalam kategori ini. Ladies, kedua perawatan ini berfungsi menghilangkan atau menghancurkan kanker ovarium pada panggul. Apabila kanker ovarium sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain, terapi lokal ini dapat pula berfungsi untuk mengendalikan penyakit pada bagian tubuh lain yang terinfeksi tersebut.

Ladies, perawatan kedua yang dapat diambil adalah intraperitoneal kemoterapi. Kemoterapi dapat langsung diarahkan ke perut dan panggul melalui tabung yang berukuran kecil. Obat-obatan yang digunakan dalam terapi ini dapat menghancurkan atau mengendalikan kanker pada perut dan panggul.

Perawatan ketiga dari kanker ovarium ini adalah sistemik kemoterapi dimana dilakukan dengan cara menyuntikkan obat melalui pembuluh darah dan berfungsi menghancurkan atau mengendalikan kanker yang telah menyebar ke seluruh tubuh.

Ladies, setelah didiagnosis dokter mengidap penyakit ini pastikan untuk berdiskusi dengan dokter tentang resiko untuk setiap perawatan yang disarankan dokter. Bicarakan tentang penyakit lain yang pernah diderita untuk memberikan pertimbangan kepada dokter.

Medicinenet.com melansir bahwa dikarenakan perawatan kanker sering merusak sel-sel yang sehat dan kulit, mengetahui resiko dari perawatan yang dianjurkan dokter akan lebih membantu dalam mengambil keputusan.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
  • Kisah Wanita Hamil Selamat Dari Tumor Rahim: Bayiku Telah Menyelamatkanku

    Jum'at, 22 Maret 2013 16:01
    Sebuah keajaiban di masa kehamilan membuat wanita ini selamat dari tumor di rahimnya. Konon, hal itu karena janin yang dikandungnya. 

  • Perempuan Wajib Waspada Kanker Ovarium

    Senin, 07 Mei 2012 07:00
    Jangan remehkan gejala atau gangguan sekecil apapun yang terjadi pada tubuh Anda!

  • 7 Fakta Penting Tentang Kanker Rahim Yang Anda Wajib Tahu

    Kamis, 01 Agustus 2013 07:23
    Memiliki keturunan dan menjadi seorang ibu adalah harapan semua wanita. Hamil menjadi momen yang sangat membahagiakan dalam hidup.

  • Mencegah Risiko Kanker Ovarium

    Kamis, 01 Agustus 2013 07:24
    Walaupun tidak sering terjadi di kalangan wanita, jenis kanker yang satu ini tetap saja mengancam bagi beberapa wanita yang memiliki faktor resiko, seperti tidak pernah melahirkan hingga usia tua, memiliki riwayat penyakit pada keluarga, kemandulan, masalah pada hormon, atau mereka yang mengalami obesitas.

  • Mengenal Kanker Ovarium Lebih Jauh

    Kamis, 01 Agustus 2013 07:25
    Sebagai wanita, tentu kita sudah akrab dengan istilah kanker ovarium karena sifatnya yang menyerang organ tubuh yang hanya kita sebagai wanita miliki. Namun apakah sebenarnya yang disebut kanker ovarium? Situs wikipedia.com mengajak kita untuk menilik lebih jauh tentang penyakit yang hanya menyerang wanita ini.

  • Penyebab Munculnya Kanker Ovarium

    Kamis, 01 Agustus 2013 08:12
    Ladies, kini penyakit-penyakit mematikan mulai sering bermunculan di sekitar Anda. Pernahkah Anda mendengar kanker ovarium? Kanker ini mampu berkembang sangat cepat. Bahkan, dalam jangka waktu satu tahun saja, kanker ini dapat menjadi lebih parah.

  • Tanda-Tanda Wanita Terkena Kanker Ovarium

    Kamis, 04 April 2013 12:15
    Agak berbeda dengan gejala dari kanker payudara, gejala kanker ovarium ini bisa diamati sejak awal mula.

  • Bekukan Ovarium Agar Tetap Subur

    Jum'at, 29 Oktober 2010 07:00
    Wanita tidak perlu takut untuk memiliki anak di usia 40 tahun jika melakukan metode ini.

  • Vasektomi Turunkan Risiko Kanker Ovarium

    Senin, 10 Oktober 2011 07:00
    Tidak hanya berfungsi sebagai kontrasepsi, vasektomi menurunkan risiko kanker ovarium, berdasarkan hasil penelitian.

  • Aromaterapi untuk Penderita Kanker Ovarium

    Jum'at, 02 Agustus 2013 19:21
    Ladies, Penyakit yang berbahaya seperti kanker ovarium pastinya menjadi sebuah risiko terbesar pada kesehatan wanita. 

 1  2  3  4  5  6  Next 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.