Sukses

Beauty

9 Alasan Menghindari Begadang

Lembur, stress, anak rewel, atau hanya karena sekedar menemani suami nonton sepak bola kerap kali menjadi alasan klasik kita untuk tidur larut malam. Begadang kalau kata Bang Roma, harus ada artinya. Kalau tidak, kita bisa melewatkan 9 hal penting menurut webd.com ini:

1. Kesehatan yang lebih baik. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang gemar begadang bisa lebih rentan terhadap penyakit. Kurangnya waktu tidur, bisa menyebabkan penyakit serius seperti jantung, diabetes dan obesitas.

2. Kehidupan sex yang lebih baik. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, lebih dari 20% orang yang menyatakan bahwa kehidupan sex mereka sangat buruk karena mereka selalu merasa kelelahan karena kurangnya waktu tidur.

3. Less pain. Bagi Anda, yang habis mengalami operasi atau sedang menjalani masa pengobatan, tidur yang cukup telah dibuktikan mampu menjadi suplemen untuk mengurangi rasa sakit. Meskipun rasa sakit itu sendiri yang kadang membuat Anda susah tidur, namun percayalah mencoba tidur sebisa mungkin akan banyak membantu pemulihan Anda.

4. Mengurangi resiko kecelakaan. The Institute of Medicine pernah menyebutkan bahwa 1 dari 5 kecelakan mobil yang terjadi sekitar 1 juta kali di Amerika Serikat terjadi karena pengendara kendaraan dalam keadaan mengantuk. Terbukti, kita sendiri juga sering mengalami kecelakaan kecil seperti teriris pisau, menjatuhkan piring, atau terpeleset karena kurangnya konsentrasi, bukan? Kecapekan dan kurang tidurlah penyebab utamanya.

5. Suasana hati yang lebih baik. Suasana hati buruk maupun cerah kadang memang tergantung pada suatu keadaan ketika kita mengalami sesuatu. Namun, jangan disangka kurangnya tidur dan kecapekan sama sekali tidak berpengaruh terhadap suasana hati. Seringnya Ladies, ketika kita merasa sangat kelelahan, kita cenderung lebih galak dan tidak bersemangat. Kadang bisa juga menyebabkan kita bisa tertawa lepas setelah bercucuran air mata.

6. Mengontrol berat badan lebih baik. Bagi Anda yang sering mengkhawatirkan berat badan, tidur cukup dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan. Sebaliknya, kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan. Penyebabnya mudah saja, karena Anda lelah, Anda jadi makan sembarangan dan tidak terlalu memperhatikan pola makan Anda. Selain itu, sebuah hormon bernama leptin yang bisa memicu rasa kenyang Anda tidak akan bekerja terlalu baik ketika waktu tidur Anda kurang. Hasilnya, Anda akan makan lebih banyak, karena tidak juga merasa kenyang.

7. Berpikir lebih jernih. Menurut Mindell di WebMD, kekurangan waktu tidur dapat mempengaruhi cara Anda berpikir. Anda akan mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian dan menyelesaikan sebuah masalah. Anda juga akan menjadi kurang teliti dan sering menjadi bingung sendiri.

8. Mengingat lebih baik. Anda pelupa? Sering begadang bisa jadi penyebabnya. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ketika kita tidur, otak kita melakukan proses dan konsolidasi dari informasi yang pernah melintas di benak kita selama sehari. Jika waktu tidur Anda kurang, otak tentunya tidak dapat sepenuhnya menata ulang informasi yang pernah masuk secara benar. Bahkan lebih parahnya, terlalu sering begadang juga menyebabkan seseorang tidak bisa membedakan hal yang pernah benar-benar mereka alami atau hanya halusinasi belaka.

9. Sistem imun yang lebih kuat. Sebuah penelitian yang memonitori kebiasaan waktu tidur 150 orang selama 2 minggu membuktikan bahwa orang yang tidur 7 jam di malam lebih mudah terserang flu daripada orang yang tidur 8 jam. Hal ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa tidur cukup dapat membangun sistem imun yang lebih kuat untuk menghindari berbagai penyakit.

Jadi temukan alasan terbaik Anda untuk begadang jika Anda tidak sayang untuk melewatkan alasan-alasan ini, ya?

Kustin Ayuwuragil D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading