Sukses

Beauty

Tetap Aktif Meskipun Menderita Lupus

Penyakit lupus memiliki gejala yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Disamping itu, gejala lupus yang hampir sama dengan gejala beberapa penyakit lain (great imitator) menyebabkan penyakit ini disebut sebagai penyakit seribu wajah (disease with thousand faces).

Lupus merupakan penyakit yang dapat datang (kambuh) kapan saja. Karena menyerang system kekebalan tubuh, penderita lupus akan mengalami kekurangan atau penurunan energi drastis yang bisa datang kapan saja.

Tetapi, apakah dengan menderita lupus berarti dunia terhenti dan harus pasrah tanpa melakuka apa-apa? Jawabnya adalah tidak. Karena lupus bukanlah akhir dari segalanya. Anda harus bangkit dan kembali melangkah serta berusaha bersahabat dengan penyakit anda.

Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk kembali menjadi seseorang yang aktif serta tentunya berusaha bersahabat dengan penyakit anda tersebut.

Seperti disampaikan oleh niams.nih.gov, sebuah situs kesehatan di Amerika, penderita lupus dapat tetap beraktivitas dengan beberpa catatan. Petama, penderita harus benar-benar menanamkan pada diri sendiri bahwa penyakit tersebut menyerang system kekebalan tubuh, sehingga penderit harus dapat benar-benar mengatur aktifitas dan peka terhadap kondisi tubuh.

Konsultasikan aktifitas yang dapat anda lakukan dengan dokter anda. Jangan memaksakan diri untuk beraktifitas bila anda sudah merasa tubuh anda kurang bersahabat. Lebih baik segera beristirahat atau minum obat yang diberikan oleh dokter.

Ellis Dwi Rachmawati

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

Loading