Sukses

Beauty

Lupus: Perempuan Lebih Beresiko

Ladies, masih ingatkah anda dengan penyakit yang menyerang auto-imun yaitu lupus? Ya, penyakit yang sulit dideteksi karena memiliki gejala yang hampir serupa dengan beberapa penyakit lain ini masih dikategorikan sebagai salah satu penyakit berbahaya.

Dikategorikan berbahaya karena sampai saat ini dokter maupun para ahli masih belum dapat menemukan obat yang paling tepat untuk menyembuhkan penyakit ini. Disamping itu, sulitnya diagnosa juga kemudian dapat mengakibatkan kurang tepatnya proses penyembuhan yang selanjutnya dapat menyebabkan kematian.

Lalu, siapakah yang lebih beresiko terkena penyakit ini? Pada dasarnya semua orang dapat terkena penyakit ini. Tetapi, tahukah anda bahwa perempuan lebih rentan terkena penyakit ini? Sebuah situs kesehatan di Amerika Serikat, niams.nih.gov. melansir sebuah pernyataan bahwa wanita lebih rentan terkena lupus dibandingkan pria.

Hal senada juga dibenarkan oleh salah satu situs berita online Indonesia yaitu merdeka.com yang menyatakan bahwa wanita jauh lebih beresiko terjangkit penyakit ini dibanding pria. Lebih jauh lagi, vivanews.com bahkan mencantumkan angka sebagai perbandingan resiko keterjangkitan penyakit lupus pada pria dan wanita.

Pada pria, peyakit ini dikabarkan memiliki resiko 1:200. Dengan kata lain dari dua ratus orang, hanya satu yang dikhawatirkan atau akan terjagkit penyakit ini. Berbeda dengan pria, angka keterjangkitan pada wanita jauh lebih tinggi yaitu 1:40.

Hal tersebut dikarenakan penyakit lupus yang salah satunya disebabkan oleh hormonal (kromosom X) yang jauh lebih banyak terdapat pada wanita. Jadi, harus waspada dan jaga kesehatan serta kebersihan selalu, ya Ladies!

Ellis Dwi Rachmawati

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

What's On Fimela
Loading