Sukses

Beauty

Perimenopause? Apa Itu?

Bunda tentunya sudah mengerti dan paham jika suatu saat nanti setelah mencapai usia setengah baya, Bunda akan mengalami masa menopause. Secara singkat, menopause adalah masa dimana Bunda berhenti menstruasi untuk seterusnya karena organ reproduksi Bunda telah ‘menua’.

Sebelum Bunda memasuki masa menopause, ternyata ada masa yang dinamakan perimenopause. Mungkin nama ini tidak begitu akrab di telinga awam Bunda namun semua Bunda mengalami masa yang satu ini.

Perimenopause adalah masa di saat organ reproduksi Bunda mulai mengalami pengurangan pelepasan hormon estrogen yang kemudian mempengaruhi siklus menstruasi dan keadaan emosi Bunda. Masa ini biasanya terjadi pada usia awal 30 atau 40. Bunda akan mengalami masa ini sekitar 4-5 tahun sebelum masa menopause Bunda tiba, namun ada beberapa di antara Bunda yang mengalami masa ini hingga lebih dari 10 tahun sebelum menopause.

Bunda harus memahami tanda-tanda perimenopause seperti yang dilansir webmd.com berikut ini:
-kulit leher dan wajah mudah memerah
-payudara mulai turun
-emosi berlebihan menjelang menstruasi
-berkurangnya libido
-mudah capek
-siklus menstruasi yang tidak tentu
-vagina mulai kering
-saluran kencing mulai mengalami penurunan fungsi
-insomnia yang sering

Yang paling Bunda bisa lihat sebagai pertanda adalah siklus menstruasi yang berbeda dari saat Bunda masih mengalami masa reproduksi aktif: waktu menstruasi jadi lebih pendek, jarak antara menstruasi bulan satu dengan yang berikutnya menjadi panjang. Ini normal terjadi pada ibu seusia Bunda jadi tidak perlu khawatir.

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading