Sukses

Beauty

Mencegah Risiko Kanker Ovarium

Walaupun tidak sering terjadi di kalangan wanita, jenis kanker yang satu ini tetap saja mengancam bagi beberapa wanita yang memiliki faktor resiko, seperti tidak pernah melahirkan hingga usia tua, memiliki riwayat penyakit pada keluarga, kemandulan, masalah pada hormon, atau mereka yang mengalami obesitas. Pada dasarnya, segala jenis penyakit kanker dapat diupayakan untuk dilakukan pencegahan, termasuk kanker ovarium.

Situs cancer.gov menyebutkan bahwa salah satu cara paling efektif untuk menghindari semua tipe kanker, termasuk kanker ovarium adalah menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Contohnya mengurangi merokok, menjaga berat badan, rutin berolahraga, dan mengkonsumsi asupan nutrisi yang seimbang.

Untuk anda yang telah menikah, ternyata menurut penelitian, menggunakan pil kontraseptif atau pil KB dapat menurunkan resiko kanker ovarium. Semakin lama anda mengkonsumsinya, semakin rendah resiko kanker anda. Akan tetapi tentunya hindari mengkonsumsinya secara berlebihan, karena penggunaan yang berlebihan malah akan memicu terjadinya kanker payudara.

Kehamilan dan menyusui pun dapat mencegah kanker ovarium. Akan tetapi cara yang lebih sulit untuk menghindari jenis kanker ini jika anda termasuk yang memiliki resiko tinggi untuk penyakit ini adalah dengan melakukan histerektomi atau oophorektomi, yaitu pemindahan rahim atau sel telur dari dalam tubuh.

Kanker ovarium adalah salah satu kanker yang cukup berbahaya bagi wanita. Selalu waspada dan jaga kesehatan ya, Ladies! Semoga bermanfaat!

Isdiana Zulidha

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading