Sukses

Beauty

Lupus Dapat Akibatkan Penyakit Lanjutan

Penyakit Lupus adalah penyakit yang sangat umum pada wanita, apalagi saat mengandung. Namun taukah anda bahwa penyakit ini dapat memicu munculnya penyakit lanjutan lain yang lebih berbahaya?

Situs womenshealth.gov menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena penyakit Lupus dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan yang umumnya diderita wanita. Penyakit lanjutan ini pun merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya bagi kesehatan anda.

Yang pertama adalah penyakit jantung. Anda akan beresiko besar menderita sakit jantung koroner jika anda memiliki penyakit Lupus, karena penderita Lupus biasanya mempunyai tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol yang tinggi dan diabetes tipe 2 yang ketiganya dapat memicu sakit jantung koroner.

Kedua, kemungkinan anda untuk terkena osteoporosis di masa tua akan lebih besar jika anda penderita Lupus karena penyakit tersebut membuat anda kehilangan massa tulang yang siginifikan, bahkan hingga menyebabkan patah tulang.

Yang terakhir, anda akan beresiko lebih besar menderita sakit ginjal. Banyak dari gejala Lupus yang merupakan pembengkakan organ-organ dalam tubuh. Hampir setengah dari penderita Lupus menderita penyakit ginjal yang disebut Lupus Nephritis, yaitu radang ginjal. Ini adalah salah satu komplikasi serius dari penderita Lupus yang sering kali terabaikan karena peradangan ini tidak menyebabkan rasa sakit sehingga anda tak akan merasakannya.

Maka dari itu, penting bagi para penderita untuk segera melakukan check-up medis sedini mungkin dan menjaga pola makan yang seimbang untuk menghindari berbagai komplikasi tersebut.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

What's On Fimela
Loading