Sukses

Parenting

Normalkah Keputihan Saat Hamil?

Ladies, saat hamil pernahkah anda mengalami tanda-tanda keputihan? Keputihan ini terutama terjadi saat wanita sedang hamil muda? Menurut whatotexpect.com, keputihan terjadi karena perubahan hormon wanita hamil yang meningkatkan produksi cairan vagina dan penurunan keasaman vagina. Kedua hal tersebut akhirnya memicu terjadinya keputihan.

Apabila lendir keputihan yang keluar dari vagina itu berwarna bening dan tidak terlalu banyak, hal ini termasuk dalam kategori normal. Namun apabila yang terjadi adalah lendir keputihan keluar sangat banyak dan sering, apalagi berbau amis, nah anda perlu berhati-hati.

Keputihan yang keluar secara berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan si janin walaupun dalam prosentase kemungkinan yang sangat kecil. Keputihan yang berlebih tersebut biasanya terjadi akibat kuman yang bisa diatasi dengan obat sesuai resep dokter.

Wanita hamil yang sedang mengalmai keputihan berlebih ini sebaiknya melakukan swab vaginal. Sedangkan untuk anda yang ingin terhindar dari keputihan yang bisa membuat rasa tidak nyaman pada area vagina ini, sebaiknya anda lebih memperhatikan kebersihan vagina anda. Upayakan sering mengganti pakaian dalam anda. Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat agar area intim anda tidak lembab. Anda juga perlu untuk tidak menahan buang air kecil karena menahan buang air kecil akan menimbulkan resiko infeksi yang memungkinkan terjadinya keputihan. Selain itu, hindari penggunaan panty liner karena akan menyebabkan bakteri dan kuman tumbuh dengan pesat di atas permukaan panty liner tersebut.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading