Sukses

Parenting

10 Mitos Menstruasi Paling Aneh

Sebagai tamu yang selalu datang setiap bulan, wanita akrab dengan menstruasi, termasuk mitos-mitosnya. Tapi tidak semua mitos menstruasi bisa dipercaya. Inilah 10 mitos seputar menstruasi yang tidak harus Anda percaya.

1. Minum Soda Memperlancar Menstruasi

Sejauh ini, tidak ada tinjauan medis yang memperlihatkan hubungan minuman soda atau soft drink yang dapat memperlancar dan mempercepat selesainya menstruasi.

2. Jangan Minum Es Saat menstruasi

Minum air dingin atau es saat menstruasi memang bisa membuat perut kembung, sebagai akibat naiknya asam lambung. Tetapi hal ini dapat terjadi pada siapa saja, tidak hanya pada wanita yang sedang menstruasi. Air dingin tidak memberi efek apapun pada saat menstruasi. Walaupun memang, minum air hangat bisa sedikit meredakan kram atau nyeri menstruasi.

3. Tidak Boleh Berenang Saat Menstruasi

Berenang saat menstruasi boleh saja, Anda bisa memakai tampon sebagai pengganti pembalut. Tampon akan menyerap cairan menstruasi tanpa dan tetap membuat nyaman walaupun sedang berenang. Tetapi jika perut masih terasa kram, sebaiknya hindari berenang.

4. Berhubungan Intim Saat Menstruasi Tidak Akan Hamil

Mitos ini sama sekali tidak benar, seorang wanita tetap dapat hamil walaupun dia berhubungan intim saat menstruasi. Meskipun kemungkinan hamil memang paling besar saat masa ovulasi, saat menstruasi pun seorang wanita tetap bisa mengalami pembuahan dan hamil.

5. Pembalut Itu Berbahaya

Pembalut adalah benda yang dapat menjaga wanita tetap nyaman saat menstruasi. Cairan yang ditampung oleh pembalut akan membuat aktivitas tidak terganggu. Hanya saja, beberapa wanita bisa mengalami iritasi. Sebaiknya pembalut dipakai maksimal 4 jam saja.

6. Lemas dan Tidak Boleh Melakukan Pekerjaan Berat

Pada saat menstruasi, seorang wanita sering mengalami nyeri sehingga terlihat lemas. Padahal sebenarnya tidak selalu demikian. Darah yang dikeluarkan tubuh saat menstruasi hanya sekitar 35ml/hari. Selama kondisi tubuh fit dan tidak mengalami kejang atau nyeri menstruasi, setiap wanita bisa mengerjakan apapun, seperti hari-hari di luar menstruasi.

7. Orang Lain Tahu Anda Sedang Menstruasi

Ini adalah mitos yang aneh, orang lain akan tahu jika Anda memberi tahu mereka. Atau.. jika terjadi 'tragedi' tembus di rok atau celana yang Anda pakai. Selain itu, orang lain tidak akan tahu. Mungkin mereka hanya bisa menebak-nebak dari emosi Anda, tetapi tidak tahu pasti apakah Anda sedang menstruasi atau tidak.

8. Saat Menyusui, Anda Tidak Akan Bisa Hamil

Saat menyusui, beberapa wanita akan mengalami perubahan siklus menstruasi, kadang tidak datang setiap bulan. Hal ini wajar karena masih terjadi perubahan hormon pasca melahirkan. Tapi.. bukan berarti Anda tidak bisa hamil ketika dalam masa menyusui. Masa ovulasi bisa datang kapan saja tanpa Anda sadari.

9. Mendekati Menopause, Normal Jika Menstruasi Sangat Banyak

Beberapa wanita yang hampir memasuki masa menopause sering membiarkan menstruasi yang berlangsung lama dan sangat banyak. Mereka sering berpikir "Ah.. ini mungkin penghabisan," padahal hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya masalah pada tubuh Anda. Jangan remehkan hal ini, dan konsultasikan pada dokter.

10. Wanita Yang Sedang Menstruasi Sering Diserang Hiu Atau Beruang

Mitos ini banyak berkembang di Barat, wanita yang sedang menstruasi dinilai lebih mudah diserang hiu atau beruang. Hal tersebut disebabkan karena aroma darah menstruasi lebih mudah diendus dua hewan buas tersebut. Padahal, tidak ada hubungannya. Semua orang berpotensi diserang hiu atau beruang, saat sedang menstruasi ataupun tidak.

Itu dia beberapa mitos menstruasi yang sebaiknya tidak Anda percaya. Apakah Anda punya mitos lain seputar menstruasi? Silakan tulis di kolom komentar.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading