Sukses

Beauty

Jalan Kaki 20 Menit Sehari, Rahasia Langsing dan Panjang Umur

Tetap aktif di tengah kesibukan memang tak mudah. Meluangkan waktu untuk olahraga pun susah. Tapi bagaimana pun tetap penting untuk menggerakkan tubuh setiap harinya, minimal jalan kaki 20 menit sehari.

Kurang olahraga bisa membuatmu berisiko mengalami kegemukan atau obesitas. Cuma kamu nggak perlu cemas berlebihan. Melakukan aktivitas yang sederhana dapat memperpanjang hidupmu. Seperti yang dilansir oleh nottinghampost.com, menurut penelitian dari Cambridge University berjalan 20 menit sehari dapat menambah usiamu. Penelitian yang dilakukan pada 334.000 orang ini menunjukkan bahwa jalan kaki 20 menit bisa menurunkan risiko kematian dini.

Orang dengan obesitas juga dapat melakukan aktivitas berjalan kaki 20 menit ini. Melalui jalan kaki dapat menurunkan risiko kematian dini sebanyak 16 persen.


Para ahli menganjurkan sebaiknya jalan kaki sebaiknya dilakukan lebih dari 20 menit. Aktivitas fisik terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan dan sudah seharusnya jadi bagian dari kebiasaan sehat sehari-hari. Para peneliti memperkirakan bahwa 337.000 dari 9.2 juta kematian laki-laki dan perempuan Amerika disebabkan oleh obesitas. Sedangkan sekitar 676.000 kematian diakibatkan oleh aktivitas yang salah atau berbahaya. Wah, ngeri juga ya.

Pemerintah Inggris pun membuat aturan sendiri dengan menyarankan warganya untuk melakukan 150 menit aktivitas seperti berkebun, menari, atau jalan cepat. Sedangkan olahraga yang cenderung berat dapat dilakukan 75 menit seminggu, seperti berlari atau aerobik.

Memang sih kadang nggak mudah untuk bisa tetap aktif di tengah jadwal kesibukan yang super padat. Tapi megusahakan bergerak atau jalan kaki 20 menit sehari itu penting. Sebuah lembaga kesehatan, Walking For Health menemukan fakta bahwa orang tanpa aktivitas fisik justru mengeluarkan dana lebih untuk biaya rumah sakit. Profesor Nick Wareham, direktur epidemiologi di Cambridge mengatakan, jika membantu orang untuk menurunkan berat badan adalah sebuah tantangan. Tingkat populasi obesitas harus terus diturunkan. June Davison, perawat jantung di British Health Foundation mengatakan jika, teratur aktif secara fisik dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner.

Tahukah kalau berjalan kaki 20 menit sehari itu bisa membakar hingga 110 kalori? Hal tersebut seperti yang dipaparkan dalam Jurnal Nutrisi Klinis Amerika bahwa berjalan kaki selama 20 menit dapat membakar 90 hingga 110 kalori. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa sedikit peningkatan dalam aktivitas fisik dapat memiliki manfaat kesehatan. Orang dewasa sebaiknya meluangkan waktu sedikitnya 150 menit aktivitas intens dalam periode satu minggu.

Kegiatan seperti jalan-jalan, naik sepeda atau menggunakan tangga daripada lift, jika dilakukan setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Jadi lebih baik lakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari daripada melakukan olahraga berat yang hanya dilakukan sebulan sekali.

Siap untuk meluangkan waktu 20 menit untuk jalan kaki, Ladies? Yuk, mulai biasakan melakukan kebiasaan sehat demi kebugaran tubuh. Bahkan dengan jalan kaki 20 menit sehari, kamu bisa tetap menjaga berat badan untuk tetap langsing dan terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading