Sukses

Beauty

Ngeri, Duduk Terlalu Lama Bikin Tua 8 Tahun Dari Usia Aslimu

Kamu pasti sudah banyak membaca tentang bagaimana duduk terlalu lama tanpa banyak aktivitas membuatmu berisiko terserang banyak penyakit, mulia dari obesitas, diabetes hingga penyakit jantung bahkan kematian. Kali ini juga tak jauh beda, penelitian ilmiah lainnya menunjukkan bahwa duduk membuatmu menua 8 tahun lebih cepat.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa duduk terlalu lama bisa menimbulkan efek merugikan pada tubuh yang dilihat sebagai penuaan dini.

Aladdin Shadyab, ketua penelitian sekaligus doctor di University of California San Diego mengatakan bahwa duduk dalam jangka waktu lama mempengaruhi kromosom. Para peneliti mengambil sampel darah dari 1.500 wanita paruh baya dan menganalisis telomere dalam sel mereka.

Peneliti melihat bahwa telomere tersebut pendek-pendek, dibandingkan wanita yang rajin olahraga. Telomere pendek menunjukkan seberapa tua sel tersebut, lebih panjang telomere, semakin baik kesehatan orang tersebut. Olahraga membuat telomere seseorang lebih panjang sehingga sesuai umur atau bahkan membuat orang tersebut awet muda.

Semakin lama waktu duduk seseorang, sekitar 10 jam atau lebih, semakin pendek telomere di dalam sel dibanding yang melakukan aktivitas fisik lebih aktif. Dalam penelitian tersebut, dikatakan bahwa penuaan bisa bertambah hingga 8 tahun karena kurangnya aktivitas fisik.

Jadi, alangkah baiknya jika kamu tidak terus-terusan duduk dalam waktu lama. Sekali dalam satu jam lebih baik jalan-jalan atau paling tidak berdiri selama beberapa menit agar kamu tak cepat tua.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading