Sukses

Parenting

4 Hal Penting Yang Perlu Diajarkan Orangtua Di Zaman Modern Ini

Jadi orangtua di zaman modern mungkin berbeda dengan zaman dulu, saat teknologi belum semaju sekarang. Meski hidup di zaman modern di mana banyak hal dimudahkan, namun tantangan jadi orangtua juga semakin besar.

Ada beberapa hal yang perlu orangtua ajarkan agar anak bukan hanya tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan bisa diterima masyarakat, tapi juga punya etika dan hati yang baik. Ini yang bisa kamu lakukan sebagai orangtua.

    Memilih kata-kata yang baik

    Jadilah orangtua yang bertutur kata yang baik dan semestinya. Bagaimana cara orangtua bicara kepada orang lain akan jadi panduan anak untuk bersikap yang sama. Tinggalkan kata-kata kasar dan buruk saat muda dulu, dan jadilah orangtua yang bisa berkata yang baik, cerdas dan sopan.

    Internet dan medsos bukan jadi lingkungan sosial utama

    Anak pasti akan mengenal internet cepat atau lambat. Jangan lupa menekankan bahwa internet ada batasnya, kapan harus menggunakan dan kapan harus ditinggalkan. Ajarkan pada anak bahwa internet dan media sosial tak bisa menggantikan interaksi sosial dengan manusia. Mereka tetap harus bersosialisasi secara langsung. Caranya? Bawa anak untuk bertemu teman dan tetangga.

    Ajarkan untuk berpikiran terbuka

    Di zaman serba modern, kamu akan menemui banyak hal yang tak lagi pada jalurnya (misalnya menikah sesama jenis atau transgender). Ajarkan anak untuk mengenal perbedaan, menerima perbedaan yang terjadi di lingkungannya dan memahami bahwa perubahan bisa terjadi kapan saja, pada siapa saja dan di mana saja. Dan bagaimana menyikapi hal ini.

    Jadilah orangtua yang punya "hati"

    Hubungan sosial tak hanya soal mengenal orang di sekitarmu, tapi jadi manusia yang bermanfaat untuk banyak orang, terlebih lagi bisa menolong sesama. Kembangkan sifat empati dan peduli, baik terhadap lingkungan maupun orang lain. Menolong orangtua menyebrang, tidak membuang sampah sembarangan, berbagi dan lain sebagainya. Contohkan hal baik seperti ini agar anak nantinya juga tumbuh jadi pribadi yang punya "hati".

Tak mudah memang jadi orangtua, semuanya belajar jadi orangtua yang baik. Selama kamu memberikan yang terbaik dengan cara memberikan contoh dan panutan yang baik, anak akan tumbuh jadi pribadi yang baik juga kok Moms. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading