Sukses

Parenting

3 Cara Mengenalkan Anak Pada Buku Agar Ia Suka Membaca Nantinya

Bagi orangtua, memiliki anak yang suka membaca pasti jadi satu kebanggaan tersendiri. Jika anak sudah terbiasa membaca, anak mungkin juga akan memiliki wawasan yang luas dan secara alami tidak susah disuruh belajar.

Tapi mengenalkan buku pada anak merupakan trik yang harus dilakukan orangtua sejak dini. Bagaimana cara memulainya? Ini yang bisa kamu lakukan.

    Membacakan cerita untuk anak

    Anak suka sekali dibacakan dongeng atau diberi cerita menarik, karena anak selalu ingin tahu. Hal ini bisa jadi cara mengenalkan buku pada anak. Belilah beberapa buku cerita sederhana dan bergambar, ceritakan sebelum tidur atau saat waktu senggang di rumah, cara ini akan membuat anak menyukai buku. 

    Melemparkan pertanyaan

    Saat membacakan buku, buat anak ikut serta di dalam aktivitas tersebut, salah satunya adalah dengan menanyakan tentang satu-dua hal di dalam cerita. Ini akan melatih anak memahami cerita sekaligus jadi cara Moms mengajarkan kata-kata pada anak. Bertanya "Di mana kucingnya? atau "Siapa yang mencuri makanan?" dan lain sebagainya.

    Jadi contoh yang baik untuk anak

    Mulailah dengan dirimu sendiri. Akan lebih baik jika kamu adalah orangtua yang juga suka membaca. Ini akan membuat anak terbiasa melihat buku karena orangtuanya sendiri suka membaca dan memegang buku. Ini akan membuat anak penasaran dengan apa yang kamu lakukan dan ingin melakukan hal yang sama sepertimu. Anak adalah peniru yang baik. 

Itu dia tiga cara simpel mengajarkan anak untuk mengenal dan menyukai buku. Ini adalah langkah awal agar anak balita terbiasa dengan buku, dengan begitu ia akan lebih termotivasi untuk belajar membaca.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading