Sukses

Parenting

Menyuapi Anak Itu Susah? Permudah dengan Trik Simpel Ini, Moms

Menyuapi anak bisa jadi tantangan sendiri. Mulai dari anak yang menolak disuapi sampai rewel sendiri. Kalau anak tidak makan, kebutuhan gizi dan nutrisinya kurang. Tapi setiap kali disuapi, ia sering menolak makanan dan susah diatur. Kalau begini caranya, kita perlu pakai trik-trik khusus.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar mudah menyuapi anak. Mulai dari mengajaknya bergabung di meja makan hingga mengondisikan situasinya. Selengkapnya, yuk kita ikuti tips-tipsnya di sini, Moms.

    Bergabung di Meja Makan

    Siapkan kursi khusus untuk si kecil di meja makan. Lalu di setiap acara makan bersama, ajak ia untuk ikut. Kita bisa menyuapi anak di tengah acara makan bersama tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak bisa melihat anggota keluarganya makan dan ia dengan sendirinya akan tertarik untuk makan juga. Nafsu makannya pun bisa bertambah.

    Sepiring Berdua dengan Anak

    Maksudnya adalah kita juga ikut makan saat anak makan. Saat anak melihat kita makan, maka ia akan merasa bahwa kegiatan makan itu perlu dan penting. Sehingga dia nggak gampang rewel untuk makan.

    Jelaskan Makanan yang Dikonsumsi

    "Nak, tahu nggak kalau wortel yang warnanya oranye ini baik buat kesehatan mata." "Kalau mau kuat kayak Popeye, sayur bayamnya dimakan, ya." Saat menyuapi anak coba buat ia tertarik dengan cerita atau penjelasan yang kita berikan. Jika diselingi dengan interaksi seperti ini, anak pasti jadi makan lahap saat makan.

    Berikan Sendok Khusus untuk Anak

    Saat ini ada banyak sendok yang lucu untuk anak. Sejak dini, latih anak untuk memegang sendoknya sendiri. Berikan ia sendok miliknya sendiri. Mungkin di awal-awal ia akan bermain-main dengan makanannya. Namun, ini akan jadi cara yang menyenangkan untuk melatih anak bisa makan sendiri nantinya.

    Hadirkan Tawa

    Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, banyak orang tua yang sering lupa kalau sikap dan stres yang mereka rasa bisa menular ke anak. Jadi kalau ingin anak antusias disuapi, tunjukkan sikap yang bahagia. Buat atmosfer yang menyenangkan supaya anak tidak ogah-ogahan untuk makan. Sebagai contoh, bisa dengan mengibaratkan sendok dan makanan sebagai pesawat yang meluncur ke mulut anak. Anak nantinya akan dengan sendirinya mau membuka mulut dan melahapnya.



Nah, itu tadi tips-tips sederhana yang bisa Moms coba untuk membuat anak nggak ogah-ogahan saat disuapi. Atau mungkin Moms punya tips dan teknik sendiri untuk membuat anak doyan makan?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading