Sukses

Parenting

Idealnya, Bayi Tidur Bersama Dengan Ortu Hingga Usia 1 Tahun

Bayi adalah sosok yang bisa membuat kehidupan keluarga menjadi semakin mengesankan dan berwarna. Perlu diketahui, merawat dan menjaga seorang bayi bukan suatu hal yang mudah. Meski begitu, merawat dan menjaga bayi juga bukan suatu hal yang bisa dibilang susah kok. Ketika merawat dan menjaga bayi, setiap orang tua disarankan agar orang tua senantiasa di samping bayi dan memantau bayi dengan baik saat siang atau malam.

Para ahli sangat menyarankan agar bayi setidaknya berada satu ranjang bersama orang tuanya atau setidaknya satu kamar dengan orang tua hingga bayi berusia 1 tahun. Dikutip dari laman dailymai.co.uk, para ahli dari American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa bayi setidaknya tidur bersama orang tua hingga ia usia 1 tahun. Kenapa bayi harus tidur bersama dengan orang tua setidaknya atau minimal hingga usianya mencapai 1 tahun?

Jawabannya adalah, ketika bayi senantiasa bersama orang tuanya saat siang maupun malam, hal ini akan membuatnya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang lebih percaya diri. Bayi ini juga akan merasa bahwa dirinya sangat aman dan terlindungi karena orang tuanya senantiasa berada di sampingnya. Atas anggapan inilah, bayi ini pun bisa tumbuh dengan baik dan bahagia. Ia juga bisa berkembang dengan mengesankan baik secara fisik maupun psikis.

Ketika seorang bayi mendapat dekapan hangat dari orang tuanya, ia akan senantiasa merasa terjaga dan nyaman. Kalau sudah begini, bayi ini pun akan menjadi semakin sehat baik dari sisi fisik maupun psikis. Kasih sayang yang tulus dari orang tua dipercaya mampu membuat setiap anak merasa berharga. Dr Lori Feldman-Winter dari Cooper Medical School Rowan University di Camden, New Jersey mengatakan bahwa anak-anak yang senantiasa dijaga dengan baik saat siang maupun malam oleh orang tuanya dan tidur bersama, ini akan mengurangi risiko ADHD pada anak hingga 50 %.

Sementara itu, dengan tidur bersama bayi hingga bayi usia 1 tahun, ini sangat memungkinkan bayi mendapat asupan ASI yang cukup. Dengan asupan ASI cukup, ini berarti bahwa ia akan bisa tumbuh lebih baik, lebih sehat dan lebih mengesankan dari sisi fisik maupun psikis. Tidur bersama orang tua juga membantu mengurangi risiko bayi meninggal. Selama ini, para peneliti menemukan bahwa tidak sedikit bayi yang meninggal dunia di kereta bayi, di jok mobil atau tempat-tempat lain yang sama sekali tak berhubungan dengan ranjang bayi atau tempat tidur orang tua.

So Mom, pastikan untuk senantiasa merawat dan menjaga buah hati dengan baik ya. Usahakan pula, untuk tidur bersama buah hati hingga ia berusia 1 tahun. Kalau memang tak nyaman tidur seranjang dengan buah hati, tempatkan keranjang bayi di kamar tidur Mom dan pastikan Mom bisa memantaunya dengan baik. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading