Sukses

Beauty

Ladies, Ternyata Musik Bermanfaat Untuk Pengobatan Kanker Lho

Selama ini musik dikenal sebagai media yang mampu meringankan masalah stres. Aktivitas mendengarkan musik memang salah satu aktivitas yang melibatkan semua bagian otak. Meskipun demikian tak semua musik memberi manfaat yang positif. Ada juga yang jika didengarkan terlalu keras malah bisa mengganggu dan bisa memecah konsentrasi kita dalam melakukan sesuatu. Terlepas dari itu ternyata musik mampu memberikan manfaat bagi para penderita kanker lho.

Sebuah studi menemukan bahwa mendengarkan musik mampu memberikan efek yang positif bagi para penderita kanker. Musik mampu membantu mengurangi rasa cemas, stres, dan lelah. Musik ternyata mampu memberikan efek yang positif baik bagi perkembangan psikis dan fisik dari penderita kanker.

Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui tentang dampak musik terhadap penderita kanker. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Cochrane Library. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya intervensi musik mampu mengurangi kecemasan pasien. Manfaat terbesarnya adalah mengurangi rasa nyeri yang pada akhirnya mampu mengurangi rasa lelah akibat terapi kanker yang dilakukan. Musik ternyata juga mampu membuat detak jantung dan pernapasan lebih stabil serta menurunkan tekanan darah.

Terapi musik memang sudah banyak dilakukan di beberapa rumah sakit di beberapa negara. Terapi musik dapat membuat pasien merasa lebih baik dan nyaman serta mengurangi efek samping seperti nyeri, ketakutan, depresi, dan kesakitan akibat pengobatan atau terapi yang timbul.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading