Sukses

Beauty

Menurut Penelitian, Lagu Sedih Ini Bisa Mengukur Rasa Empatimu

Kamu mungkin sering mendengarkan lagu sedih dan membuatmu menangis, tapi ternyata ada satu lagu yang dijadikan bahan penelitian dan ternyata lagu inilah yang bisa menimbulkan perasaan sedih sekaligus ketakutan pada diri seseorang.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa lagu ini mampu menimbulkan reaksi emosi kuat yang berhubungan dengan rasa empati dan sensitivitas emosi yang berlanjut. Para peneliti menemukan bahwa partisipan bisa dibedakan menjadi 3 kategori setelah mendengarkan lagu ini.

Yang pertama, merasakan relaxing sadness (emosi rileks karena rasa sedih). Kedua adalah nervous sadness (perasaan sedih dan ketakutan), dan yang ketiga adalah moving sadness (perasaan sedih yang membuatmu ingin menangis). Lagu yang diperdengarkan berjudul "Discovery of the Camp" dari serial TV Band of Brothers.

Sumber: Youtube.com/stigno87

Peneliti musik meminta 102 orang dengan usia 18-67 tahun untuk mendengarkannya dan menjawab bagaimana perasaan mereka setelah mendengarnya. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang merasakan 'moving sadness' saat mendengarkan lagu "Discovery of the Camp" ternyata punya rasa empati atau kepedulian lebih besar dibanding mereka yang merasakan dua jenis emosi kesedihan lainnya.

Tapi tentu saja bukan berarti kamu kurang empati terhadap orang lain jika tak merasa tersentuh saat mendengarkan lagu ini. Masih butuh banyak penelitian lain untuk membuktikan hal ini.

Lagi pula, ada banyak lagu sedih dan setiap lagu punya efek personal bagi setiap orang. Kamu tak bisa begitu saja menilai kepedulian orang hanya dari satu lagu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading