Sukses

Parenting

Melatih Si Kecil untuk Menggunakan Toilet

Mom, membiasakan anak untuk menggunakan toilet memang pengalaman yang tidak tergantikan. Deg-deg an saat melepas diapers dengan celana dalam biasa memang akan mempengaruhi perkembangan psikologi anak. Tentu saja perubahan ini akan berdampak pada perkembangan anak. Nah, mengganti diapers dengan celana biasa agar terbiasa menggunakan toilet memang perlu latihan. Mom, tidak bisa memaksa si kecil untuk mengganti kebiasaan tersebut dengan cepat. Semua butuh proses dan latihan.

Mom, berikut adalah cara untuk melatih si kecil agar terbiasa menggunakan toilet. Yuk, simak tips dari Vemale berikut ini.

    Buat Si Kecil Nyaman di Toilet

    Meskipun tidak mudah untuk membiasakan si kecil buang air kecil dan besar di toilet, bukan berarti Mom harus menyerah. Buat suasana nyaman saat di toilet seperti menempel beberapa sticker lucu di dalam toilet. Desain toilet menjadi menarik, sehingga si kecil merasa lebih nyaman.

    Kenalkan dan Buat si Kecil Akrab dengan Kegiatan Ini

    Saat si kecil mulai siap menggunakan toilet, ajak dia untuk mengenal kegiatan ini. Ajari si kecil untuk buang air kecil dan besar di toilet. Awalnya si kecil mungkin merasa kurang nyaman. Tapi jika Mom rutin melatihnya maka dia akan lebih terbiasa.

    Selalu Ingatkan

    Ingatkan si kecil saat merasa perut mulas untuk ke toilet. Mom bisa mengatakan pada si kecil, jika perut mulas dan merasa ingin buang air besar untuk segera ke toilet. Mengingatkan hal ini akan melatih si kecil untuk buang air kecil dan besar di toilet.

    Jangan Lupa Beri Pujian

    Tidak perlu menghukum si kecil saat tidak melakukan hal yang benar saat buang air kecil dan besar. Hukuman justru akan membuat si kecil menjadi takut dan tertekan. Terus ingatkan, dengan lembut. Hindari membentaknya. Saat si kecil melakukan dengan benar jangan lupa untuk memberi pujian. Pujian ini akan membuat si kecil lebih bersemangat.

Mom, demikian 4 cara untuk melatih si kecil untuk menggunakan toilet dengan benar. Jangan lupa untuk mengajarkan kepada si kecil untuk menjaga kebersihan. Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading