Sukses

Beauty

Makan Sedikit Tapi Kok Cepat Gemuk, Mungkin Ini Penyebabnya

Pernah heran nggak dengan teman atau orang yang makannya banyak tapi tubuhnya tetap langsing? Seolah mereka bisa bebas makan apa saja tanpa takut tubuhnya melar atau gemuk. Sementara kamu, baru makan sedikit saja eh kok berat badan cepet naik.

Makan sedikit tapi berat badan cepat bertambah itu bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Mulai dari salah memilih makanan hingga faktor stres. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

    Salah Memilih Makan

    Meski makan sedikit tapi kalau makanan yang dipilih tak sehat, jelas bisa menyebabkan kegemukan. Cuma makan sepotong kue tapi kandungan kalori dan gulanya banyak, jelas akan bikin kamu cepat gemuk. Jadi penting untuk lebih hati-hati saat memilih makanan, ya. Nggak hanya soal kuantitas tapi juga kualitas serta kandungan gizinya.

    Kamu Sedang Stres

    Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, meski makan sedikit dan pilihan makanannya sehat, tapi kalau kamu sedang stres maka berat badanmu pun bisa cepat naik. Saat sedang stres, keseimbangan hormon kita akan terganggu. Misalnya, kortisol, hormon stres yang meningkat saat kita sedang stres. Dan peningkatan hormon kortisol ini bisa menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut. Sebagai info tambahan, orang yang punya berat badan proporsional pun bisa mengalami penumpukan lemak di perut karena stres.

    Tidak Cukup Tidur

    Tidak mendapat cukup tidur juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Leptin dan ghrelin adalah dua jenis hormon yang berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan. Fungsi hormon itu bisa terganggu kalau kita tak mendapat cukup tidur. Akibatnya kita jadi gampang lapar. Sistem metabolisme tubuh pun akan menurun karena kurangnya tidur. Efek sampingnya? Berat badan akan cepat naik.

    Kamu Mengidap Hipotiroidisme

    Kalau sudah sangat hati-hati memilih makanan dan mengatur pola makan tapi masih saja berat badan gampang naik, bisa jadi kamu mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatannya adalah hipotiroidisme. Penyakit hipotiroid atau hipotiroidisme ini merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid kurang aktif dan gagal untuk mengeluarkan cukup hormon ke dalam aliran darah. Kelenjar tiroid ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Jadi kalau kelenjar tiroid bermasalah, maka berat badan tubuh bisa sulit untuk dikendalikan.

Penyebab kegemukan itu banyak sekali macamnya. Terlebih kondisi tubuh setiap orang bisa berbeda satu sama lain. Kalau kamu merasakan gejala aneh dan tak biasa dari tubuhmu memang sebaiknya segera hubungi dokter, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading