Sukses

Parenting

Anak Menolak Tidur Siang, Lakukan Ini Yuk Moms

Waktu tidur anak lebih banyak dan panjang dibanding orang dewasa, dan terkadang jika anak kurang tidur, biasanya anak akan rewel. Itulah mengapa sebaiknya anak dibiasakan untuk tidur, lebih awal saat malam hari dan juga tidur siang yang cukup.

Tapi seringkali anak susah jika diajak tidur siang, ada saja alasannya, terutama karena mereka lebih suka bermain dibanding tidur. Padahal, anak antara usia 12-18 bulan perlu dibiasakan untuk tidur siang agar tidak rewel karena kurang tidur.

Umumnya, anak balita yang lebih besar sudah bisa dikurangi waktu tidurnya. Tentu saja semakin besar usia anak, semakin lama pula waktu sadar mereka, perlahan waktu tidur akan berkurang.

Tapi selama anak masih dalam usia 1-3 tahun, akan lebih baik jika membiasakan untuk tidur siang. Untuk membantu anak menikmati tidur siangnya, Moms bisa lakukan beberapa hal berikut ini.

Beri waktu kapan harus tidur siang. Pembiasaan tidur siang adalah cara terbaik membuat anak rutin tidur siang. Lihat kebiasaan anak, kapan ia merasa mengantuk, dan putuskan jam berapa ia harus tidur.

Siapkan tempat tidur yang nyaman. Anak akan lebih tertarik untuk tidur siang jika tempatnya nyaman. Jika pun tidak tidur di tempat tidur, pastikan ia membawa boneka atau mainan kesayangannya agar merasa nyaman.

Pastikan anak dalam keadaan kenyang. Anak biasanya tak akan mudah tidur jika lapar. Akan lebih baik jika tidur siang dilakukan 1-2 jam setelah makan siang. Saat-saat itulah biasanya anak akan mulai merasa mengantuk.

Itu cara yang bisa Moms lakukan jika anak kesulitan mengikuti rutinitas tidur siang. Semoga berhasil ya Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading