Sukses

Parenting

ASI Eksklusif untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Menentukan yang terbaik untuk si kecil memang penting. Tentu sebagai Ibu, Mom ingin memberikan yang terbaik untuknya. Hal penting tersebut antara lain pemberian ASI eksklusif pada si kecil. Memberikan ASI setelah bayi dilahirkan selama 30 menit oleh ibu berfungsi untuk memberikan colostrom. Memberikan ASI pertama ini akan meningkatkan kecerdasan anak. Tidak hanya itu ASI pertama berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Mom, berikut adalah manfaat dari memberikan ASI eksklusif kepada bayi yang baru lahir. 

    ASI Kaya Akan Nutrisi

    ASI memiliki kandungan nutrisi yang seimbang bagi bayi yang baru lahir. ASI mengandung nutrisi penting untuk perkembangan IQ, sehingga bayi menjadi lebih cerdas dan sehat. Selain itu ASI adalah makanan yang tepat untuk bayi yang baru lahir.

    ASI Membentuk Antibodi dan Enzim

    ASI memiliki kandungan yang membentuk antibodi penting bagi bayi. Antibodi ini akan membantu bayi yang baru lahir untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Selain itu ASI juga memproduksi enzim penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Meningkatkan Kedekatan Emosional Ibu dan Anak

    Memberikan ASI eksklusif akan meningkatkan kedekatan emosional Ibu kepada anak. Bayi yang baru lahir dan mendapatkan ASI eksklusif akan lebih dekat dengan Ibunya. Bayi yang mendapatkan asupan ASI akan lebih dekat dan merasa lebih terlindungi oleh ibunya. Menyusui bayi dengan metode skin to skin contact dapat meningkatkan ikatan emosional Ibu dan anak.

    Mencegah Konstipasi

    ASI adalah makanan utama bagi bayi sehingga sangat mudah dicerna. Mengonsumsi ASI pada bayi dapat mengurangi risiko kekurangan cairan. Selain itu ASi juga mencegah kotoran bayi menjadi keras.

    Mengurangi Risiko Penyakit

    ASI memiliki kandungan nutrisi dan antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Daya tahan tubuh yang baik akan membuat bayi terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti penyakit infeksi yang berbahaya lainnya.

Mom, demikian 5 manfaat yang didapat dari memberikan ASI eksklusif pada bayi. Selain 5 hal di atas, memberikan ASI juga dapat membantu program diet Mom setelah melahirkan. Sehingga bentuk tubuh Mom cepat kembali ke semula. Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading